9 Kelebihan Ayam Kampung Organik, Baik untuk Kesehatan

Ayam kampung organik dinilai lebih berkualitas daripada ayam biasa. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ayam organik dijamin bebas antibiotik. Selain itu, ayam organik juga tak mengandung obat kimia sintetis.

Semakin berkualitas karena ayam organik juga tak mengandung hormon pertumbuhan sehingga aman dikonsumsi. Mengingat ayam kampung itu sendiri sudah terjamin mutunya, maka tak heran jika jenis ayam ini banyak peminatnya.

Kelebihan Ayam Kampung Organik

Ada banyak kelebihan yang dimiliki ayam kampung organik. Mau tahu apa saja kelebihan tersebut? Anda bisa tahu ragam kelebihannya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

1. Mengandung Protein Melimpah

Salah satu keunggulan ayam organik yaitu kaya akan kandungan protein. Perlu untuk Anda tahu bahwa ayam organik memiliki kandungan omega-3 lebih melimpah. Berkat kandungan tersebut, maka tubuh bisa terjaga kesehatannya.

2. Rendah Lemak

Selain memiliki protein yang melimpah, ayam organik juga rendah lemak. Kandungan lemak yang sedikit ini karena postur tubuhnya yang relatif lebih kecil daripada ayam potong. Meski begitu, dagingnya lebih berisi dan padat. Karena rendah lemak, maka daging ayam tak akan tercium bau amis.

3. Cita Rasa Ayam Kampung Organik Lebih Nikmat

Tak sedikit yang menilai bahwa cita rasa ayam organik lebih nikmat dari jenis ayam lainnya. Tidaklah heran karena ayam organik membuat cita rasa ayam kampung lebih alami, gurih, dan manis. Ketika ayam organik diolah pun, dagingnya akan lebih cepat empuk dan tak susut.

Dengan kelebihan tersebut, ayam organik mampu meningkatkan nafsu makan. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir akan gemuk. Mengingat ayam organik memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga menyehatkan.

4. Rendah Kandungan Toksin

Kelebihan lainnya dari ayam organik yaitu memiliki kandungan toksin yang lebih sedikit. Hal ini tentu menguntungkan Anda. Pasalnya, Anda bisa terhindar dari risiko kanker. Dengan konsumsi ayam organik, Anda sama saja telah berupaya menjaga kesehatan.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Anda tentu ingin mendapatkan kelebihan yang satu ini bukan? Kelebihan ini bisa Anda peroleh apabila mengolah ayam organik dengan cara yang sehat. Bagaimana caranya? Caranya, memasak bukan dengan digoreng. Saat memasaknya pun tak menggunakan garam secara berlebihan.

Baca Juga:  Tanda Hamil Anak Laki-Laki yang Diyakini Masyarakat

6. Disarankan untuk Penderita Anemia

Bagi Anda yang menderita anemia, maka bisa konsumsi ayam organik. Adapun alasannya yaitu terdapat banyak zat besi yang berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Dengan begitu, kondisi penderita anemia bisa semakin membaik apabila mengonsumsinya.

7. Lebih Aman Dikonsumsi

Ayam kampung organik dijamin lebih aman dikonsumsi. Mengingat ayam dibiarkan berkeliaran mengonsumsi bahan-bahan alami sehingga tak perlu ragu mengonsumsinya. Bahkan ayam organik terkenal sebagai jenis ayam kualitas premium.

8. Kaya Fosfor dan Kalsium

Tak kalah penting untuk Anda ketahui bahwa ayam organik memiliki kandungan fosfor dan kalsium tinggi. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan anak. Masa perkembangan anak pun akan lebih terjamin.

Selain itu, zat fosfor dan kalsium juga baik untuk tulang anak. Dengan mengonsumsi ayam organik, maka tulang anak tak akan mudah rapuh. Tulang anak akan lebih kuat dan sehat.

9. Harga Bersahabat

Dengan mutu terjamin, Anda bisa miliki ayam organik tanpa harus keluar budget besar. Kaki ayam kampung natural beku 450-500 gram bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 29.900. Lalu ayam organik beku Sesa 0.6-0.7 kg seharga Rp 69.900.

Dengan harga ayam kampung sama, Anda juga bisa mendapatkan ayam organik beku 0.5-0.6 kg. Kemudian ayam organik beku Sesa 0.7-0.8 kg seharga Rp 79.900. Sementara jika ingin mendapatkan boneless dada ayam organik beku Sesa 500 gram, cukup siapkan Rp 89.900.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan ayam kampung organik maupun informasi lengkap lainnya, segera download aplikasi Sesa.id di App Store dan Play Store sekarang juga.

Sumber

  1. https://blog.sesa.id/manfaat-ayam-organik/
  2. https://www.kompas.com/food/read/2020/09/21/090733075/ciri-ciri-ayam-organik-dan-kelebihannya-dibandingkan-ayam-biasa
  3. https://www.rakyatmerdeka.co.id/ini-dia-keunggulan-daging-ayam-organik-wajib-diketahui/
  4. https://sesa.id/unggas-daging-ikan-dan-seafood/ayam-dan-telur/ayam-kampung.html