Faktor yang Mempengaruhi dan Kisaran Biaya Operasi LASIK

LASIK memiliki kepanjangan Laser Assisted In Situ Keratomileusis. Istilah ini merupakan tindakan operasi mata dengan laser agar penglihatannya tajam. Akan tetapi, tak sedikit orang yang enggan melakukannya karena biaya operasi LASIK tidaklah murah

Grooming Sugar Glider

Meski biayanya cukup tinggi, namun hasilnya menjanjikan. Ketajaman penglihatan bisa lebih baik dari sebelumnya. Sudah semestinya memperhatikan manfaat ini alih-alih melihat biayanya

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Operasi LASIK

Pada dasarnya, ada banyak hal yang mempengaruhi biaya LASIK. Dalam artian, faktor inilah yang mempengaruhi mahal atau tidaknya biaya operasinya. Adapun beberapa hal tersebut ialah sebagai berikut.

RajaBackLink.com

Tindakan Lanjutan Pasca Operasi 

Salah satu faktornya ialah ada atau tidaknya tindakan lanjutan setelah melakukan operasi. Apabila ada tindakan lanjutan, maka biayanya bertambah.

Begitu pula sebaliknya. Jika tidak ada tindakan lanjutan, sudah pasti harganya lebih terjangkau. Mengenai tindakan lanjutan pasca operasi, sebenarnya tergantung dari kondisi pasien.

Biaya Administrasi 

Hal lainnya yang juga mempengaruhi biaya operasi LASIK ialah biaya administrasi. Biaya operasinya bisa lebih mahal jika anggaran administrasinya juga tinggi.

Mengetahui hal itu, alangkah baiknya jika bertanya terlebih dahulu berapa biaya administrasinya. Dengan begitu, pasien bisa lebih awal dalam menyiapkan budget.

Penggunaan Teknologi 

Teknologi yang digunakan untuk operasi juga mempengaruhi biayanya. Dalam hal ini, teknologi LASIK yang memanfaatkan pisau (microkeratome) cenderung memiliki biaya lebih terjangkau.

Sementara untuk teknologi yang memanfaatkan laser, biayanya lebih tinggi. Mengenai penggunaan teknologinya, tentu disesuaikan dengan kondisi pasien.

Penggunaan Fasilitas 

Semakin lengkap dan memadai fasilitasnya, tentu kian tinggi biaya operasi LASIK. Oleh karena itu, perhatikan dulu kelengkapan fasilitasnya tidak kaget dengan total biayanya nantinya.

Jasa Dokter 

Faktor lainnya yang tidak kalah mempengaruhi biayanya yaitu jasa dokter. Semakin kompetensi dan kondang dokternya, tentu biayanya juga lebih tinggi.

Apalagi jika dokter tersebut sudah memiliki jam terbang tinggi, biasanya memang terpercaya dan berkualitas. Hasilnya pun pasti memuaskan.

Kisaran Biaya LASIK Mata di Indonesia 

Perlu untuk diketahui bahwa biaya operasi LASIK tidak ditanggung oleh BPJS. Dengan begitu, biayanya ditanggung sendiri oleh pasien.

Untuk biayanya, biasanya satu mata berkisar belasan juta. Kemudian untuk dua mata, biayanya bisa sampai Rp 30 jutaan.

Meski biayanya tidak murah, namun manfaatnya sangatlah menguntungkan pasien. Operasi ini jadi solusi terbaik bagi siapa saja yang ingin lepas dari lensa kontak maupun kacamata.

Karena hal itu, operasi ini begitu dianjurkan untuk mereka yang mempunyai rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme. Dengan demikian, gangguan ketajaman penglihatan mata bisa teratasi secara optimal.

Tak bisa kita pungkiri bahwa biaya operasi LASIK tidaklah murah. Kendati demikian, manfaatnya sangatlah luar biasa. Penglihatan mata bisa kembali baik sehingga tidak perlu menggunakan kontak mata maupun kacamata lagi.