Apa itu Profesi?

Setiap orang memiliki jenis profesi yang berbeda-beda. Ada yang menjadi dokter, guru, pebisnis, montir, atau profesi lainnya. Masing-masing profesi memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Menyinggung soal profesi, sebenarnya apa itu profesi secara harfiah dan bagaimana karakteristiknya?

Definisi Singkat Profesi

Istilah profesi sendiri diambil dari kata profession dalam bahasa inggris yang berarti pekerjaan. Lebih lanjut, pekerjaan merujuk pada suatu kegiatan yang memerlukan keterampilan khusus dan juga pengetahuan yang cukup. Oleh sebab itu, orang-orang yang bekerja di suatu industri membutuhkan pelatihan khusus agar dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik.

Karakteristik Umum Profesi

Terdapat beberapa karakteristik umum dari profesi yang perlu diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Keahlian yang membutuhkan pengetahuan teoritis, hal ini berarti seorang ahli harus mempunyai pengetahuan teori dan praktis yang luas.
  2. Keberadaan pendidikan luas merupakan salah satu proses pendidikan panjang dengan standar edukasi yang tinggi untuk sebuah profesi bergengsi.
  3. Terdapat uji kompetensi, yang merupakan salah satu ujian untuk mengetes pengetahuan seseorang dalam bidang tertentu, dan secara umum pelaksana harus lulus dalam tes tersebut.
  4. Terdapat asosiasi profesional yang bertujuan untuk meningkatkan status anggotanya.
  5. Adanya pelatihan kelembagaan atau kursus pelatihan untuk memperoleh pengalaman kerja sebelum akhirnya menjadi anggota penuh dari suatu organisasi secara spesifik.
  6. Terdapat lisensi atau sertifikasi dalam bidang tertentu, dan seorang ahli yang memilikinya akan dianggap cakap berikut kredibel dalam pekerjaannya.
  7. Kode Etik Profesi merupakan prosedur yang diluncurkan organisasi profesional agar dapat mengatur anggotanya untuk bekerja sesuai dengan aturan tersebut.
  8. Terdapat otonomi kerja, dimana segala pengelolaan pekerjaan dan pengetahuan teoritis para ahli dibutuhkan untuk menghindari intervensi eksternal.
  9. Layanan publik dan altruisme diartikan sebagai salah satu pendapatan profesional yang bisa dipertahankan selama mereka masih relevan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat.
  10. Peraturan mandiri merujuk pada seorang pakar yang dikelola langsung oleh badan profesional tanpa adanya campur tangan pemerintah.
  11. Penghargaan tinggi dan statistik ialah seorang profesional yang sukses memperoleh statistik tinggi, penghargaan, serta ketenaran yang sesuai dengan evaluasi layanan yang ditawarkan pada publik.
Baca Juga:  Apa itu Reseller dalam Bisnis?

Syarat–Syarat Sebuah Profesi

Syarat-syarat yang perlu dipenuhi oleh sebuah profesi meliputi:

  1. Adanya keterlibatan kegiatan intelektual.
  2. Memerlukan persiapan profesional dan latihan yang matang.
  3. Mempelajari area tertentu.
  4. Adanya pelatihan lanjutan, jika dibutuhkan.
  5. Memiliki organisasi sesuai dengan bidang yang dikuasai.
  6. Berpotensi menjadi karir abadi.
  7. Tertarik pada layanan komunitas yang dinilai melampaui keuntungan pribadi.

Ciri–Ciri Umum Suatu Profesi

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri umum dari suatu profesi:

  1. Pekerjaan mempunyai sebuah aturan yang bisa disebut sebagai standar tinggi. Secara garis besar, profesi bakal menerapkan kode etik tertentu di masing-masing bidangnya.
  2. Pengetahuan khusus pada ranah tertentu serta pendidikan khusus dan keahlian berikut keterampilan dari pengalaman panjang di bidang terkait.
  3. Sangat tertarik pada komunitas, serta mengutamakan kepentingan orang banyak dibanding sekadar kepentingan pribadi itu sendiri.
  4. Orang yang mempunyai profesi tertentu biasanya merupakan anggota dari organisasi di bidang terkait.
  5. Seseorang yang mempunyai profesi umumnya merupakan bagian dari anggota organisasi profesional di bidangnya.
  6. Terdapat sejumlah jenis izin khusus yang dapat diberikan pada pihak berwenang dengan tujuan menjalankan profesi. Hal ini ditujukan untuk mencegah seseorang bertingkah ceroboh dalam menjalankan profesinya.

Itulah sekilas informasi mengenai definisi singkat profesi, bagaimana karakteristik yang dimilikinya, syarat-syarat yang menyertainya, serta ciri-ciri umum yang biasa ditemui dalam suatu jenis profesi.