Berburu Oleh-Oleh di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Berburu Oleh-Oleh di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu Yogyakarta, para wisatawan dalam maupun luar negeri akan mengetahui. Salah satu tujuan para wisatawan, akan mengarah ke Malioboro. Jalan yang tersohor dengan ikon Yogya ini menyimban banyak sejarah pada zamannya. Banyak yang akan Anda temukan disana, mulai dari keramaian pengamen jalanan Yogya dengan khasnya alat musik, keramaian pasar yang menghiasi sepanjang Jalan Malioboro dan Malioboro adalah salah satu tempat tumpah ruahnya para wisatawan yang berkunjung. Mengapa seperti itu? Pasar Beringharjo Yogyakarta salah satunya, pasar yang menjadi tujuan wisatawan untuk berburu oleh-oleh.

Salah satu pasar yang menjadi ikonik di Jalan Malioboro adalah Pasar Beringharjo. Dinamakan Pasar Beringharjo konon berarti kawasan yang dulunya dipenuhi pohon beringin, diharapkan bisa  mensejahterakan warganya. Nama itu telah hadir sejak pemerintahan Hamengku Buwono IX  pada tahun 1925-an. Namun saat ini, para wisatawan memaknainya sebagai tempat yang asik dan tempat yang tepat mencari buah tangan untuk dibawa pulang ke tempatnya masing-masing.

Ada apa aja sih di Pasar Beringharjo?

Batik

Oleh-oleh yang terbesit pertama kali ketika mendengar kata Yogyakarta. Awal kita memasuki Pasar Beringharjo akan disuguhi dengan beberapa toko yang menyajikan berbagai pilihan Batik. Mulai dari bahan yang mentah dari jenis menengah bawah sampai menengah atas. Banyak juga batik yang sudah dijadikan berbagai jenis pakaian.

Makanan tradisional khas Yogyakarta

Bakpia biasanya menjadi favorit oleh-oleh dari Yogyakarta. Tidak usaha bepergian ke lain tempat, wisatawan yang datang ke Pasar Beringharjo, akan dengan mudah menemukan toko-toko dengan menawarkan bakpia berbagai jenis, rasa dan harga.

Aneka souvenir dan kerajinan

Salah satu yang biasanya dicari wisatawan adalah kerajinan khas Yogyakarta. Beberapa toko pun menjajal kerajinan dan souvenir hasil karya warga setempat. Mulai dari aksesoris wanita yang terbuat dari palladium, dari kayu-kayu yang cantik, jerami, perunggu dan lainnya. Bahkan Anda akan banyak menemukan barang antik di beberapa toko kerajinan dan souvenir.

Herbal bahan obat / jamu

Tanah jawa sangat erat dengan pengobatan tradisionalnya. Begitupun di Pasar Beringharjo lengkap para pedagang menjajalkan barangnya disana. Dari mulai pintu masuk Anda akan menemukan berbagai macam batik, souvenir dan kerajinan, lalu makanan khas dan sekarang akan Anda temukan beberapa tanaman / tumbuhan yang berkhasiat. Seperti aneka minyak wangi, minyak zaitun, dan minyak-minyak lainnya yang mempunyai khasiat hebat pada tubuh manusia.

Kaset jaman dahulu di Pasar Beringharjo

Wisatawan yang datang akan diiringi lagu berbahasa Jawa dan lagu dari penyanyi jaman 50-an. Kita akan menemukan beberapa toko yang menjajal kaset-kaset dengan penyanyi jaman 50-an yang jarang bahkan susah untuk kita dapatkan di tempat atau pasar lain. Tidak hanya penyanyi dalam negeri tapi dari berbagai Negara bisa Anda cari dan temukan di sini.

Pasar Beringharjo Yogyakarta ini terletak di kawasan Malioboro tepat di Jalan A. Yani, persis di selatan Malioboro sisi timur. Selain berburu oleh-oleh Anda bisa melakukan wisata kuliner disana. Tunggu apalagi?