Berdasarkan Jumlah Penganutnya, Ini Urutan Agama Terbesar di Dunia

Suatu agama didefinisikan sebagai sistem keyakinan ataupun ibadah. Sesungguhnya, terdapat banyak agama yang dipercayai oleh manusia di bumi, namun tidak terdapat yang mampu memberikan angka pasti. Tetapi, dari sekian banyak agama yang terdapat, Sangat menarik bila dapat mangulas mengenai agama terbanyak di dunia, dari sisi penganutnya, serta bersumber pada pada kenyataan ataupun keadaan sesungguhnya. Semacam yang kita tahu, agama yang tersebar di dunia tidak sedikit, serta tiap-tiap mempunyai umat yang mempercayainya. Tetapi persoalan besarnya, sesungguhnya apa agama terbanyak di dunia dari segi jumlah pemeluk? Sebab bila dilihat dari segi ajaran, idealnya seluruh agama bersama mempunyai kapasitas besar dalam membimbing umat manusia di dunia ini bukan? Hingga bagi jumlah penganutnya, berikut catatan agama terbanyak di dunia yang dapat kami sampaikan.

1. Kristen

Dengan jumlah pemeluk sebesar 2,38 miliyar jiwa (dilihat dari worldpopulationreview. com), agama Kristen jadi no satu dalam jumlah pemeluk paling banyak di dunia. Sebarannya pula sangat luas serta mempunyai cabang ajaran yang lumayan banyak. Persebaran agama Kristen utamanya ada di kawasan Eropa serta Amerika. Tidak hanya itu agama Kristen pula tersebar luas di kawasan Kiribati, Malta, Rumania, Tonga, Venezuela, Samoa, Paraguay, serta sekitarnya.

2. Islam

Dilihat dari jumlah pemeluknya, agama terbanyak di dunia kedua merupakan agama Islam. Total sebanyak kurang lebih 1, 8 miliyar jiwa memeluk agama Islam di segala dunia. Persebaran utamanya terletak di zona Timur Tengah. Wilayah semacam Afghanistan, Algeria, Iran, Irak, Libya, Maroko, sampai Turki serta Yaman dan Indonesia mempunyai penganut Islam paling banyak.

3. Hindu

Di posisi ketiga terdapat agama Hindu, dengan total kira-kira 1,1 miliyar pemeluk di segala dunia. Praktiknya telah ditemui semenjak tahun 1.500- an saat sebelum Masehi. Persebaran agama ini terletak di zona Bangladesh, Sri Lanka, Malaysia, Inggris, India, Nepal, serta sebagainya.

Baca Juga:  AM dan PM, Apa bedanya?

4. Buddha

Dengan total sekitar 507 juta jiwa pemeluk agama Buddha menempati posisi keempat dalam agama terbanyak di dunia bersumber pada jumlah umatnya. Persebarannya di zona Kamboja, Thailand, serta pula Myanmar dan Cina.

5. Agama Lainnya

Agama serta kepercayaan lain mengikuti secara berurutan, Shinto (104 juta jiwa), Sikhisme (25 juta jiwa), Yudaisme (14 juta jiwa), Taoisme (12 juta jiwa), Muisme (10 juta jiwa), dan Cao Dai (4,4 juta jiwa). Agama lokal ataupun keyakinan lokal yang diartikan merupakan agama- agama tradisional di Afrika, Cina, serta agama penduduk asli Amerika dan Australia. Sedangkan itu, yang tercantum dalam agama yang lain merupakan Shintoisme, Taoisme, Sikhisme, serta Jainisme.

Agama terbanyak di dunia bersumber pada jumlah penganutnya merupakan Kristen yang ialah gabungan dari Protestan serta Katolik. Jumlah pengikut agama Kristen di dunia menggapai 2, 38 miliyar. Sedangkan itu, di posisi kedua selaku agama terbanyak di dunia bersumber pada jumlah penganutnya merupakan Islam. Tetapi, diperkirakan kalau jumlah penganut agama Islam di dunia akan melebihi agama Kristen pada tahun 2050. Sehingga, mungkin Islam jadi agama terbanyak di dunia bersumber pada jumlah pengikutnya pada tahun tersebut. Saat ini, sekitar 85% penduduk dunia mengidentifikasikan diri mereka selaku penganut suatu agama. Sedangkan, sekitar 1,2 miliar orang di seluruh dunia tidak beragama ataupun tidak terafiliasi dengan agama apapun. Data ini bersumber dari World Population ReviewWorld Population Review ialah situs penyedia data demografis di dunia.

Demikianlah pembahasan mengenai Berdasarkan Jumlah Penganutnya, Ini Urutan Agama Terbesar di Dunia. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat lebih mengetahui urutan agama di dunia.