Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Barang yang dibeli secara online bisa dibatalkan jika terdapat ketidaksesuaian dalam pemesanannya. Misalnya saja dikarenakan kesalahan warna, model, ataupun hendak menggunakan voucher tertentu untuk mengurangi harganya. Agaknya, fitur pembatalan pesanan ini juga disediakan oleh Lazada, salah satu platform belanja online yang cukup populer belakangan ini. Lalu, bagaimanakah prosedur pembatalan pesanan di Lazada yang tepat?

Peraturan Pembatalan Order di Lazada

Sebelum bisa membatalkan pesanan di Lazada, terdapat beberapa ketentuan atau peraturan yang wajib konsumen ketahui, yaitu:

  1. Pembatalan pesanan tidak memungkinkan jika barang yang dibeli merupakan produk digital atau LazGlobal, barang yang sudah diproses oleh pihak supplier, barang yang sudah diproses di gudang, maupun barang yang sudah masuk ke sistem ekspedisi pengiriman.
  2. Order akan secara otomatis dibatalkan jika tidak memenuhi syarat, contohnya barang yang dibeli tidak memenuhi syarat nominal penggunaan voucher diskon atau promo lain.
  3. Order yang sudah dibatalkan tidak bisa diaktifkan lagi.
  4. Voucher, diskon, atau promo lain yang digunakan pada pesanan yang dibatalkan tidak lagi bisa digunakan. Untuk barang dengan store credit, pembeli bisa menghubungi pihak CS Lazada supaya bisa diberi kode voucher store credit yang baru.
  5. Jika transaksi dilakukan menggunakan klikpay, kartu kredit, ataupun angsuran, limit akan dikembalikan dalam hitungan 7-14 hari kerja. Sedangkan jika transaksi dilakukan lewat transfer bank, pengembalian dana bisa memakan waktu 2-5 hari kerja.

Panduan Cara Membatalkan Pesanan di lazada

Adapun langkah-langkah membatalkan pesanan di Lazada ialah sebagai berikut.

  1. Login ke akun Lazada dengan username dan password yang terdaftar.
  2. Klik 'Akun' dan lanjutkan dengan menu 'Lihat Semua' yang ada di halaman 'Pesanan Saya'.
  3. Pilih nomor pesanan yang akan dibatalkan, kemudian tekan 'Batal' pada opsi tersebut.
  4. Setelah itu, lengkapi informasi yang dibutuhkan, contohnya jenis produk yang akan dibatalkan pembeliannya dan alasan pembatalan tersebut.
  5. Klik 'Submit/Daftar'.
  6. Konsumen bisa menentukan pilihan pengembalian dana yang paling sesuai.

Lebih jauh, untuk pembeli yang memilih metode transaksi COD dan berniat membatalkan pesanannya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Gratis Ongkir Shopee Tanpa Batas, Begini Caranya

Pesanan yang Belum Diproses

  1. Login ke akun Lazada versi terbaru.
  2. Klik menu Akun dan lanjutkan pada pilihan Pesanan Saya.
  3. Kemudian, klik 'Dalam Proses'.
  4. Pilih pesanan COD yang akan dibatalkan.
  5. Klik 'Batal' pada bagian kanan bawah.
  6. Isikan alasan pembatalan pesanan, akhiri dengan menekan tombol 'Pilih'.
  7. Periksa kembali seluruh informasi yang Anda inputkan, kemudian klik 'Kirimkan'.

Produk Sudah Dikemas

Sebagaimana peraturan pembatalan order yang diterapkan oleh pihak manajemen Lazada, barang yang sudah diproses tidak bisa dibatalkan. Walaupun demikian, pembeli bisa menghubungi penjual apabila paket yang sudah dikemas tetap ingin dibatalkan. Atau, bisa juga menunggu sampai barang tersebut sampai dan baru dibatalkan kemudian. Sesuai dengan keterangan resmi Lazada, paket yang akan dikembalikan tidak boleh dibuka lebih dulu. Sementara itu, pengembalian dana akan diproses saat barang sudah diterima dan lolos pemeriksaan sistem Lazada dan pihak penjual.

Produk Sudah Sampai

Ketika barnag yang dibeli menggunakan sistem COD di Lazada sudah diproses, bahkan sudah sampai di alamat tujuan, konsumen masih bisa menolak untuk menerimanya. Kemudian, pihak kurir bakal menyerahkan nota resi yang harus ditandatangani. Pihak konsumen juga diharuskan untuk menuliskan alasannya membatalkan pesanan tersebut. Baru setelahnya, pihak Lazada akan membatalkan pesanan COD itu.

Periksa Status Pembatalan Pesanan

Untuk memeriksa apabila pengajuan pembatalan sudah diterima atau belum, Anda dapat menggunakan cara berikut.

  1. Login ke aplikasi Lazada dan buka menu 'Pesanan Saya'.
  2. Jika pesanan yang dibatalkan memiliki keterangan 'Telah Dibatalkan', artinya paket tersebut sudah dibatalkan melalui sistem.
  3. Jika setelah 1 jam order masih belum dibatalkan, artinya pesanan itu sudah masuk proses pengiriman sehingga tidak bisa dibatalkan. Jika terjadi kondisi seperti ini, konsumen bisa meminta bantuan layanan konsumen Lazada untuk mengatasinya.

Itulah beberapa langkah membatalkan pesanan Lazada yang bisa Anda terapkan.