Cara Menghapus Akun Google

Di era yang serba digital seperti saat ini, mempunyai akun Google menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Bukan tanpa alasan, akun Google banyak berguna untuk berbagai transaksi online, media tukar pesan elektronik, hingga alat untuk menyimpan dana melalui penyedia pihak ketiga. Sayangnya, jika terlalu banyak memiliki akun akan merepotkan pemiliknya. Terlebih, sejumlah akun Google mungkin tidak pernah digunakan hingga terindikasi diretas oleh orang lain. Dengan alasan tersebut, menghapus akun menjadi satu-satunya alternatif yang bisa ditempuh. Tapi, bagaimana prosedur cara menghapus akun Google yang sudah tidak terpakai?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, akan ada banyak keunggulan yang bisa pengguna rasakan dengan akun Google. Mulai dari aplikasi surat elektronik (Gmail), Google drive, Google Play, kalender, Youtube, dan lain sebagainya. Dengan menghapus akun Google, tentunya fasilitas-fasilitas seperti yang sudah disebut akan ikut hilang.

Adapun untuk kasus menghapus akun Google lantaran disusupi atau diretas, pengguna dapat menjalankan Security Checkup terlebih dahulu untuk mengetahui lebih detail terkait aspek-aspek yang diretas tanpa izin pemiliknya. Dengan demikian, pengguna dapat mencoba langkah tertentu guna meminimalisir kerentanan atas aksi peretasan di masa depan. Apabila pengguna menyimpan kata sandi dalam akun Google, pengguna perlu memastikan apakah peretas bisa membobol password atau tidak. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda mengganti kata sandi lama dengan yang baru.

Kemudian jika pengguna memilih untuk menyimpan daftar kontak ke akun Google, kemungkinan besar daftar tersebut diunduh oleh si peretas. Jika kondisi ini terjadi, pengguna boleh menginformasikan kontak supaya lebih waspada jika memperoleh pesan mencurigakan. Pun, penting untuk dipastikan apakah Google Play sudah digunakan untuk transaksi pembelian online atau belum. Dalam posisi ini, pengguna dapat memeriksa apakah terjadi transaksi ilegal sehingga boleh dibuka sesi sengketa secara hukum.

Baca Juga:  Cara Mengecek Resi Lazada

Begitu akun Google dihapus, pengguna tidak lagi bisa menggunakan layanan Security Checkup saat ingin mengecek kegiatan dalam akun tersebut. Jika pengguna memanfaatkan layanan Gmail untuk keperluan pendaftaran layanan perbankan online, aplikasi, jejaring sosial, atau yang lainnya, dan diduga terjadi peretasan, Anda dapat menambahkan email baru untuk backup layanan-layanan tadi. Untuk diketahui, apabila pengguna punya lebih dari 1 akun Google, menghapus salah satu akun tidak akan berpengaruh pada akun yang lainnya.

Prosedur Cara Menghapus Akun Google

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghapus akun Google ialah sebagai berikut:

  • Buka akun Google melalui browser di perangkat laptop, kemudian pilih opsi Profil dan lanjutkan pada Manage Your Google Account.
  • Setelah itu, klik menu Data & Privacy.
  • Terus gulir ke bawah sampai Anda menemukan More Options. Pada tahap ini, silakan klik button Detele Your Google Account.
  • Tuliskan kata sandi dari akun Google tersebut. Jika sudah, klik Next untuk masuk ke akun Google.
  • Pengguna perlu membaca seluruh informasi yang ditampilkan di layar, jika tidak keberatan silakan centang semua kolom yang tersedia.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Delete Account.

Sebagai tambahan informasi, jika pengguna menggunakan perangkat ponsel untuk menghapus akun Google, langkah-langkah yang diperlukan sejatinya hampir sama dengan prosedur di atas. Serta, menghapus akun Google berarti pengguna akan kehilangan seluruh data dan akses dari akun terkait. Oleh sebab itu, sebelum mantap mengambil keputusan untuk menghapusnya, periksa kembali bahwa seluruh data penting yang disimpan di dalam akun sudah dibackup ke penyimpanan cadangan.