Cara Mengubah PDF ke Excel

Berbagai macam format file
Ilustrasi berbagai macam format file

Format PDF biasanya menjadi format yang paling sering digunakan untuk mengirimkan sebuah laporan kepada atasan, rekan kerja, atau dalam mengirimkan berbagai macam file lainnya. Inilah beberapa cara mengubah PDF ke Excel yang bisa And pelajari sehingga kalian bisa dengan leluasa melakukan editing pada dokumen yang berformat PDF.

Hal ini dikarenakan format PDF kompatibel di semua OS. Mulai dari Windows, Mac, iOS, Android, dan berbagai macam platform lainnya. Tak hanya itu, tampilan dari PDF pun akan sama di semua platform. Itulah sebabnya, saat berbagi file kebanyakan orang akan menggunakan format PDF.

Kelemahan dari mengirim file dengan format PDF adalah kita tidak bisa leluasa melakukan editing pada dokumen tersebut.  Jika yang dikirim adalah data laporan berupa tabel, dan ada beberapa hal yang harus diubah tentu akan sangat menyulitkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dan bingung, sebab ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel yang bisa Anda pelajari dan ikuti agar memudahkan Anda dalam mengerjakan sebuah laporan.

Cara mengubah PDF ke Excel yang paling mudah untuk dilakukan adalah secara online. Mengubah format PDF ke Excel secara online memiliki kelebihan tersendiri, yaitu Anda tidak perlu susah untuk mendownload dan install sebuah aplikasi pada komputer atau laptop Anda, karena yang Anda butuhkan hanyalah jaringan internet agar terhubung ke situs penyedia layanan ini.

Namun, pastikan file PDF yang ingin Anda ubah formatnya tidak dikunci atau dilindungi oleh password. Sebab jika di password, Anda harus mengetahui password dari file tersebut terlebih dahulu.

Cara untuk mengetahui apakah file tersebut di password atau tidak sangat mudah, buka saja file PDF tersebut. Jika file tersebut langsung terbuka oleh software PDF reader, itu berarti file tersebut tidak diberi password.

Namun, jika software PDF reader meminta Anda untuk memasukkan password sebelum file tersebut terbuka, itu berarti file tersbeut dilindungi oleh password dan Anda harus mengetahui password file tersebut sebelum mengubahnya ke Excel.

Jika Anda sudah mengetahui file tersebut dilindungi oleh password atau tidak, kemudian cara untuk mengubah format PDF ke Excel secara online adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser Anda dan kunjungi situs www.smallpdf.com
  2. Setelah halaman terbuka, Anda bisa klik “Pilih File” dan pilih file PDF mana yang hendak diubah formatnya dalam bentuk Excel. Tak hanya memilih file dari komputer Anda, Anda juga bisa memilih file yang berasal dari Google Drive ataupun Dropbox.
  3. Jika sudah selesai memilih file, klik “Open” dan tunggulah sampai proses konversi selesai.
  4. Ketika proses konversi selesai, Anda bisa langsung mengunduh file tersebut untuk disimpan ke komputer Anda, disimpan ke Dropbox, disimpan ke Google Drive atau bisa langsung dikirimkan via email.
  5. Setelah itu, buka file yang telah Anda unduh tersebut di komputer Anda dan Anda pun bebas melakukan editing pada file tersebut.