Tempat Wisata Dan Kemah, Danau Ranu Agung Probolinggo

Danau Ranu Agung Probolinggo, Tempat Wisata Dan Kemah

Suatu hari Anda pasti ingin kemah berlibur kan teman-teman?. Pastinya Anda akan mencari-cari di mana tempat yang enak untuk berlibur dan kemah tersebut. Tempat wisata yang cocok untuk berlibur khususnya buat Anda yang ingin berlibur untuk camping atau berkemah. Propinsi Jawa Timur khususnya di kota Probolinggo terdapat tempat wisata yang dapat dijadikan tempat berlibur. Tempat wisata ini juga sangat bagus untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan camping atau kemah. Tempat liburan itu berupa danau vulkanik yang dikelilingi oleh bukit yang begitu indah namanya Danau Ranu Agung.

Letak Danau Ranu Agung

Ranu Agung adalah tempat wisata yang terletak di kota Probolinggo. Letak Danau Ranu Agung Probolinggo ini dari pusat kota kurang lebih 55 km. Ranu Agung merupakan danau vulkanik yang terletak di kecamatan Tiris.  Danau wisata ini juga memiliki hutan yang masih sangat hijau dan belum terjamah dan terlihat masih alami. Di sekitar danau juga ada tebing-tebing yang indah dengan hiasan tanaman yang menjalar hijau melekat pada tebing.

Perjalanan menuju danau ini cukuplah menarik, mulai dari berbagai pepohonan yang rindang layaknya hutan yang masih belum terjamah oleh tangan jahil dari penebang liar. Ranu Agung adalah danau vulkanik yang juga memiliki keindahan yang patut diperhitungkan selain dari 14 danau vulkanik yang ada di Probolinggo. Danau yang lumayan luas ini memiliki tebing-tebing  yang ada di pinggiran danau. Keindahan Ranu Agung dapat memikat pengunjung yang hendak melakukan kegiatan kemah di daerah sekitar danau.

Tempat hits ini juga memiliki kedalaman yang bermacam-macam sehingga jika para pengunjung ingin bermain-main harus berhati-hati. Dihimbau untuk tidak sering bercanda berlebihan saat menaiki sampan yang telah disediakan untuk mengelilingi danau. Besarnya batu-batu di danau Ranu Agung juga sangat beraneka ragam sehingga para pengunjung juga dihimbau untuk membawa alas kaki yang tidak mudah sobek terkena goresan batu yang berbentuk karang. Para pengunjung juga dihimbau untuk tidak main sambil berlari yang terlalu berlebihan yang dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya cedera luka goresan akibat dari terjatuh saat berlari.

Penduduk Sekitar Danau Ranu Agung

Penduduk Ranu Agung mayoritas ditempati oleh orang Madura, jadi bahasa yang digunakan untuk sehari-harinya adalah bahasa Madura. Mata pencahariannya juga bermacam-macam ada yang bertani, berkebun, ada yang berja sebagai nelayan dan kuli bangunan. Hasil dari bertani dan bercocok tanam bagi para petani itu sangat besar, hal ini juga dikarenakan karena kondisi lingkungan yang strategis dan tanah yang ditempati juga sangat subur, dan juga tidak kalah dengan hasil yang diperoleh para penduduk yang bercocok tanam dalam dunia perkebunan. Di Desa Tiris banyak sekali para penduduk yang bermata pencaharian dalam perkebunan. Berkebun di sekitar Ranu yang terletak di Desa Tiris sangat berpotensi besar, tanaman berbuah di Desa Tiris sangat banyak dan mayoritas di tempati oleh pohon durian yang menjadi penghasil utama bagi masyarakat yang bermata pencaharian di bidang perkebunan. Selain durian juga banyak pepohonan yang berbuah seperti kopi yang juga memiliki lahan yang cukup luas.

Danau Ranu Agung Probolinggo juga memiliki fasilitas bagi para pengunjungnya sebagai bentuk kepedulian masyarakat dan pemerintah yang mengkondisikan Ranu Agung sebagai tempat wisata bagi para. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah toilet, tempat untuk beli makanan semacam warung, juga ada musholla sebagai tempat beribadah bagi umat islam yang sedang menginap di Ranu Agung. Fasilitas-fasilitas sebagai pendukung wisata Ranu Agung ini dibuat dengan tujuan tidak lain hanya sebagai fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh warga setempat maupun para pengunjung yang sedang berlibur agar merasa nyaman.