Ending Attack on Titan: Kontroversi dan Harapan Penggemar

Pada tahun November 2023, adaptasi final anime dari serial Attack on Titan akhirnya dirilis. Namun, sebelumnya terdapat perdebatan dan kontroversi mengenai ending seri populer ini di kalangan penggemar.

Grooming Sugar Glider

Manga Attack on Titan sendiri telah berakhir dengan membawa kedamaian di seluruh dunia dan hilangnya kekuatan Titan. Namun, ending tersebut tidak sepenuhnya memuaskan semua penggemar. Banyak di antaranya menginginkan ending yang berbeda dan bahkan menuliskan ending versi mereka sendiri berdasarkan keinginan pribadi.

Tak sedikit penggemar menilai jika perasaan Mikasa kepada Eren menjadi salah satu kontroversi. Mikasa dinilai masih kecewa serta tetap memiliki rasa cinta mendalam kepada Eren. Ia kerap mengunjungi makam Eren. Mikasa merasa ada berbagai kejadian misterius terjadi, meskipun dunia telah menyaksikan kedamaian. Seekor burung tampak mengawasinya, menambah kesan mistis dalam kisah ini.

Volume final manga Attack on Titan memberikan penambahan berupa ending alternatif di mana Paradis diserang dan porak poranda. Di ending tambahan ini, seorang anak laki-laki dan seekor anjing terlihat di makam Eren. Ending tambahan ini menimbulkan perasaan sedih dan mempertanyakan pengorbanan yang telah dilakukan oleh Eren.

RajaBackLink.com

Namun, ending tambahan ini juga bisa menjadi penanda petualangan baru yang dimulai. Apakah anak laki-laki tersebut akan melanjutkan jejak Eren? Apakah kisah baru akan terjadi?

Sayangnya, ending tambahan dari manga tidak diadaptasi dalam anime Final Season dan Final Episode. Sehingga menjadi kekecewaan tersendiri bagi penggemar yang mengharapkan ending yang berbeda.

Selain kontroversi mengenai ending utama dan tambahan, terdapat pula chapter 35 yang tidak ada dalam manga original Attack on Titan. Chapter ini berjudul Bad Boy dan merupakan cerita baru yang diberikan sebagai bonus pembelian buku art Attack on Titan. Namun, penggemar tidak dapat menantikan sesuatu yang baru dari chapter 35 ini dalam hal cerita utama Attack on Titan.

Baca Juga:  Kekuatan Sel Hashirama dalam Pertempuran Ninja di Anime Naruto

Secara keseluruhan, ending Attack on Titan memang menimbulkan kontroversi di kalangan penggemar. Namun, adaptasi anime Final Season berhasil memuat ending yang sejalan dengan volume 34 manga. Banyak penggemar sudah merasa pas dengan ending Attack on Titan.