Hasil Free Practice 2 MotoGP Prancis pada Hari ini Jack MILLER sukses menorehkan catatan memuaskan. Pembalap Pramac Racing ini menjadi yang tercepat pada sesi Free Practice 2 dengan mencatatkan waktu terbaik 1'34.356.
Jack MILLER dibuntuti oleh Maverick VIÑALES – Monster Energy Yamaha MotoGP yang secara ketat berada di urutan kedua dengan cacatan waktu terbaiknya 1'34.500. Menyusul kemudian Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU yang menduduki urutan ketiga setelah mendapat catatan waktu terbaiknya 1'34.857.
Danilo PETRUCCI mengakhiri sesi free practice kedua di urutan ke-4. Selisih waktunya dengan Takaaki NAKAGAMI sangat tipis. Setinggat lebih rendah dari Danilo PETRUCCI diduduki oleh Cal CRUTCHLOW dengan raihan waktu terbaik 1'35.141. Lalu ada juga Alex MARQUEZ melengkapi jajaran sepuluh besar di posisi ke-6 dengan waktu 1'35.337.
Franco MORBIDELLI sukses menjadi yang tercepat ke-7 setelah mendapat catatan waktu terbaiknya 1'35.369.
Pol ESPARGARO – Red Bull KTM Factory Racing menjadi yang tercepat urutan 8. Catatan waktu 1'35.374 mendorong posisinya naik tepat di bawah Franco MORBIDELLI. Sedangkan posisi ke-9 ditempati oleh Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR dan Johann ZARCO – Esponsorama Racing menempati posisi ke-10.
Hasil Free Practice 2 MotoGP Prancis 2020
- Jack MILLER – Pramac Racing, Catatan Waktu 1'34.356
- Maverick VIÑALES – Monster Energy Yamaha MotoGP, Catatan Waktu 1'34.500
- Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU, Catatan Waktu 1'34.857
- Danilo PETRUCCI – Ducati Team, Catatan Waktu 1'35.054
- Cal CRUTCHLOW – LCR Honda CASTROL, Catatan Waktu 1'35.141
- Alex MARQUEZ – Repsol Honda Team, Catatan Waktu 1'35.337
- Franco MORBIDELLI – Petronas Yamaha SRT, Catatan Waktu 1'35.369
- Pol ESPARGARO – Red Bull KTM Factory Racing, Catatan Waktu 1'35.374
- Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR, Catatan Waktu 1'35.385
- Johann ZARCO – Esponsorama Racing, Catatan Waktu 1'35.408
- Fabio QUARTARARO – Petronas Yamaha SRT, Catatan Waktu 1'35.489
- Valentino ROSSI – Monster Energy Yamaha MotoGP, Catatan Waktu 1'35.767
- Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Tech 3, Catatan Waktu 1'35.837
- Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR, Catatan Waktu 1'35.838
- Francesco BAGNAIA – Pramac Racing, Catatan Waktu 1'36.012
- Iker LECUONA – Red Bull KTM Tech 3, Catatan Waktu 1'36.190
- Stefan BRADL – Repsol Honda Team, Catatan Waktu 1'36.478
- Bradley SMITH – Aprilia Racing Team Gresini, Catatan Waktu 1'36.982
- Andrea DOVIZIOSO – Ducati Team, Catatan Waktu 1'38.726
- Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini, Catatan Waktu 1'39.361
- Tito RABAT – Esponsorama Racing, Catatan Waktu 1'40.165
- Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing, Catatan Waktu 1'40.425
Baca juga link Live Streaming Trans7 untuk menyaksikan MotoGP dari komputer Anda.
Jadwal MotoGP Prancis
Berikut adalah jadwal MotoGP Prancis 8 Oktober 2020 – 11 Oktober 2020 berdasarkan MotoGP.com (bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya):
Hari Kamis, 8 Oktober 2020
Press Conference: 22:00 – 22:50 WIB
Hari Jumat, 9 Oktober 2020
Free Practice Nr. 1: 14:55 – 15:40 WIB
Free Practice Nr. 2: 19:10 – 19:55 WIB
Hari Sabtu, 10 Oktober 2020
Free Practice Nr. 3: 14:55 – 15:40 WIB
Free Practice Nr. 4: 18:30 – 19:00 WIB
Qualifying Nr. 1: 19:32 – 19:47 WIB
Qualifying Nr. 2: 19:57 – 20:12 WIB
Hari Minggu, 11 Oktober 2020
Warm Up: 14:30 – 14:50 WIB
Race: 18:09 WIB
Sejarah Sirkuit Le Mans
Sirkuit Le Mans dibangun di daerah barat daya Paris dan berjarak 200 km. Patokan lainnya sirkuit berada 5 km dari pusat Kota Le Mans, Perancis. Letaknya tersebut membuat sirkuit ini ada di sekitaran trek yang dilalui para pembalap ketika ikut serta di ajang 24 Hours of Le Mans. Sebuah lomba balap dan ketahanan selama 24 jam yang begitu prestisius.
Tahun 1965 menjadi tahun pembangunan sirkuit yang kemudian juga dikenal dengan nama Le Mans Bugatti ini. Kompetisi Grand Prix bagi pembalap motor lalu mulai diadakan sejak penghujung era 60an.
Bukan hal sulit untuk menjaring minat penonton MotoGP di masa-masa awal sirkuit ini. Mengingat event 24 Hours of Le Mans telah menjadikan kota ini terkenal sebagai salah satu pionir era balap klasik sejak tahun 1923. Karena itulah sirkuit kemudian berkali – kali menjadi tuan rumah MotoGP Perancis sampai dengan tahun tahun 1995.
Sayangnya terjadi kecelakaan fatal disana yang menimpa Alberto Puig, seorang pembalap berkebangsaan Spanyol. Akibatnya MotoGP Perancis selama empat tahun berturut-turut tidak diizinkan menggunakan Sirkuit Le Mans.
Selama fase penangguhan itu, pihak pengelola lantas mengadakan pembenahan terkait aspek keselampatan balap. Akhirnya pada tahun 2000 MotoGP Perancis dapat kembali menunjuk sirkuit tersebut sebagai tuan rumah. Bahkan sejak saat itu sampai dengan sekarang Sirkuit Le Mans tak pernah sekali pun hengkang lagi dari kalender musim balap MotoGP.