Brosur pada dasarnya banyak digunakan untuk keperluan promosi suatu barang atau jasa. Biasanya, lembar kertas kecil dengan desain menarik ini mencantumkan sejumlah poin penting yang diperlukan untuk memberikan informasi yang diminta pembaca. Baik itu informasi seputar produk, layanan, atau event tertentu. Agaknya, masih banyak orang yang salah kaprah dan menganggap brosur sama dengan pamflet hingga mmt, padahal bentuk dan kegunaannya sangat berbeda loh!
Definisi Singkat Terkait Brosur
Brosur bisa dikatakan sebagai sebuah alat untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan barang, jasa, dan lain sebagainya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, brosur terbuat dari selembar kertas yang dibubuhi ragam informasi berikut penawaran terkait jasa maupun produk tersebut.
Dalam perspektif lain, brosur merujuk pada sebuah alat publikasi resmi yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang punya karakteristik fisik cetakan, serta mempunyai beragam informasi mengenai sebuah layanan, produk, program, kegiatan, atau yang lainnya. Biasanya brosur ditujukan untuk sasaran tertentu sebagaimana segmentasi pasarnya.
Berkaitan dengan cara penyampaiannya, brosur umumnya dibagikan secara gratis pada masyarakat umum atau pelanggan yang mengunjungi stand toko untuk memperkenalkan secara detail mengenai program, produk, layanan atau yang lainnya demi membantu upaya pemasaran dan membangun marketing public relations.
Fungsi Brosur
Sebelumnya sudah disinggung tentang fungsi umum brosur yang menjadi media promosi sebuah perusahaan. Namun perlu diketahui, rupanya brosur memiliki fungsi yang lebih luas dan kompleks daripada itu. Lebih jauh, berikut merupakan beberapa fungsi dari pengadaan brosur yang wajib Anda ketahui.
- Menjadi wadah yang bisa menyampaikan suatu informasi pada konsumen yang berkaitan dengan update terkini perusahaan. Yang mana informasi tersebut banyak mencakup presentasi perusahaan, produk baru, maupun layanan terbaik yang bisa ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
- Menjadi media iklan atau promosi untuk menarik minat pelanggan mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.
- Desain dari suatu brosur yang layak memungkinkan perusahaan mempertahankan citra perusahaan. Dalam beberapa kasus bahkan brosur bisa memperkuat citra perusahaan di mata masyarakat umum. Dengan demikian, brosur bisa menjadi perusahaan yang mudah teridentifikasi khalayak ramai.
Karakteristik Umum dari Brosur
Sebelumnya sempat disinggung jika brosur punya bentuk fisik yang hampir sama dengan flyer dan pamflet. Lebih dari itu, brosur memiliki karakteristiknya sendiri yang bisa membedakan fungsi berikut bentuk dari brosur itu sendiri. Adapun beberapa karakteristik umum yang dimiliki sebuah brosur adalah sebagai berikut.
- Dibuat berdasarkan tujuan untuk memberikan informasi, edukasi lanjutan, sekaligus membujuk maupun mempengaruhi pelanggan supaya bisa mengambil makna atau pesan yang hendak disampaikan pihak perusahaan.
- Biasanya memiliki pernyataan dari pesan yang selalu tunggal. Contohnya berupa motto atau slogan dari sebuah perusahaan yang mencerminkan bidang usaha atau karakteristik produk berikut jasa terkait.
- Brosur hanya akan diterbitkan sekali saja, namun masih bisa dicetak ulang berkali-kali, baik dengan perbaikan desain dan tulisan ataupun tidak.
- Desain brosur harus bisa menarik perhatian dari calon pelanggan yang akan menjadi segmentasi pasarnya.
- Mempunyai sistem distribusi sendiri, alias bukan termasuk bagian dari publikasi media yang lainnya.
- Salinan brosur harus mencantumkan informasi yang jelas serta desain yang menarik.
Itulah beberapa informasi seputar brosur yang perlu diketahui dengan seksama. Untuk menjadi penegasan, brosur berguna untuk menawarkan produk, jasa, program, atau kegiatan lainnya oleh sebuah perusahaan kepada calon pelanggan yang menjadi segmentasi pasarnya. Selain itu, brosur juga menjadi media untuk memperkenalkan eksistensi produk kepada khalayak umum.