Pertumbuhan Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota di Indonesia

Penjualan kendaraan PT Toyota-Astra Motor (TAM) diproyeksikan mengalami pertumbuhan positif dibanding tahun sebelumnya. Sepanjang Januari-November 2023, penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota meningkat tajam menjadi 33.603 unit dengan market share sebesar 54,3 persen.

Grooming Sugar Glider

Toyota berhasil mempertahankan pangsa pasar di atas 30 persen selama 5 tahun terakhir, menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap merek ini. Terutama dalam hal kendaraan elektrifikasi, Toyota mencatat peningkatan signifikan. Pada periode yang sama di tahun 2022, penjualan kendaraan xEV Toyota naik 6 kali lipat.

Salah satu faktor yang berkontribusi pada peningkatan penjualan Toyota adalah peluncuran 13 model baru sepanjang tahun 2023. Satu model yang mendapatkan sambutan luar biasa adalah Kijang Innova Zenix HEV. Kendaraan ini merupakan salah satu jenis kendaraan elektrifikasi yang memimpin penjualan Toyota.

Walaupun total penjualan kendaraan Toyota sedikit lebih rendah dari periode yang sama tahun 2022, tiga kontributor terbesar penjualan tetap dipegang oleh Kijang Innova, Avanza, dan Calya. Khususnya, Kijang Innova Zenix HEV berhasil mencetak penjualan yang signifikan dan menjadi primadona bagi konsumen yang menginginkan kendaraan elektrifikasi.

RajaBackLink.com

Toyota tidak hanya fokus pada penjualan kendaraan, tetapi juga pada menjaga lingkungan. Dalam rangka menciptakan lingkungan yang lebih bersih, Toyota menjalankan program Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060. Dengan program ini, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak lagi opsi kendaraan elektrifikasi di masa depan.

Selain itu, brand sporty GAZOO Racing juga berperan penting dalam meningkatkan penjualan Toyota. Varian flagship GR Sport berhasil mencetak market share yang tinggi pada setiap model. Hal ini menunjukkan minat yang tinggi dari konsumen terhadap kendaraan dengan brand GAZOO Racing.

Toyota pun berhasil mempertahankan market share di atas 30 persen selama 5 tahun terakhir, menunjukkan keunggulan merek ini di pasar otomotif Indonesia. Dukungan dari brand GAZOO Racing juga memberikan dampak yang positif pada penjualan Toyota.

Secara keseluruhan, penjualan kendaraan Toyota terus mengalami pertumbuhan positif, terutama dalam kategori kendaraan elektrifikasi. Menjadi bukti Toyota mampu terus bergerak maju.

Toyota menjunjung semangat Mobility for All dan Let’s Go Beyond, yang menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan kemudahan mobilitas kepada semua orang tanpa mengabaikan upaya menjaga lingkungan. Dengan penjualan yang terus meningkat, Toyota menjadi pilihan utama bagi konsumen yang peduli akan performa, ramah lingkungan, dan kualitas.