Wisata Pulau Bair, Keindahan Pantai Maluku Yang Alami

Pulau Bair, Keindahan Pantai Maluku Yang Alami

Mungkin diantara anda masih asing atau baru mendengar Kota Tual. Letaknya berada di Maluku, Kota Tual menyimpan begitu banyak keindahan wisata bahari yang sangat mempesona dan belum banyak terexplore oleh para wisatawan. Dan diantaranya adalah Pulau Bair, keindahan lautnya yang berada diantara dua teluk dengan air laut berwarna biru kehijauan, vegetasi mangrove, tebing batu merupakan daya tarik dan keunikan dari pulau ini.

Terletak kepulauan Kei, Kota Tual, Pulau Bair ini bisa dibilang merupakan versi mini dari Raja Ampat. Para pengunjung yang datang akan langsung disuguhi keindahan air laut yang jernih dan tebing – tebing batu bertanamkan pohon Mangrove ketika memasuki teluk Pulau Bair. Jika air laut surut, teman-teman akan menemukan beberapa pantai untuk disinggahi. Namun jika air sedang pasang pantai-pantai ini tertutup olah air laut. Pasir pantainya putih, sampah hanya berupa ranting pepohonan dan karang mati yang terbawa arus, bukan hanya ikan yang berwarna-warni, gurita dan kepiting saja yang bisa tema-teman temui disini,  jika beruntung para pengunjung bisa menemukan ikan hiu jenis blackpit yang berenang dengan bebas di perairan pulau ini. Tak perlu alat snorkling jika teman-teman tidak ingin berenang karena kejernihannya membuat perairan pulau ini bak akuarium.

Tips saat berkunjung ke tempat Wisata Pulau Bair

  1. Untuk waktu terbaik berkunjung ke pulau ini adalah pada musim timur, bulan maret – agustus karena lautnya tenang.
  2. Karena pondok – pondok tempat bejualan makanan dan perlengkapan berwisata pantai tidak disediakan disana maka bagi para pengunjung hendaknya mempersiapkan serta membawa bekal dan perlengkapan snorkling sendiri. Jangan lupa juga membawa sunblock agar kulit tidak terpapar sinar matahari langsung.
  3. Resort juga tidak disediakan di sini jadi jika ingin bermalam, para pengunjung harus membawa peralatan camping sendiri.
  4. Trashbag / kantong sampah juga wajib dibawa ya, jangan buang sampah sembarangan demi kelestarian alam.

Cara menuju ke Pulau Bair

Teman-teman harus menggunakan transportasi udara atau laut ke Kota Tual. Teman-teman bisa menggunakan transportasi angkutan umum ataupun ojek dari kota Tual menuju ke dermaga Dullah di dessa Dullah sekitar 1 – 2 jam perjalanan. Dari dermaga teman-teman dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki speed boat menuju pulau Bair. Waktu tempuhnya sekita 1 jam perjalanan, saat perjalanan menuju Pulau Bair teman akan melewati beberapa pulau kecil yang cantik. Untuk tempat tinggal terdapat beberapa pilihan hotel yang bisa dipilih oleh teman-teman di Kota Tual

Demikianlah ulasan singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai Wisata Pulau Bair dengan keunikannya, semoga informasinya bermanfaat untuk teman-teman semua. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda saat berkunjung ke Maluku, Happy travelling !!