Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Jenis Rumput yang Digunakan

Ayo, siapa di sini yang suka bermain sepak bola? Sudah tahu belum, berapa ukuran lapangan sepak bola di Indonesia?

Jenis rumput yang digunakan di lapangan sepak bola pun bisa berbeda-beda loh! Yuk, simak penjelasannya!

Ukuran lapangan sepak bola di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah mengikuti standar nasional. Sedangkan, jenis yang kedua adalah mengikuti standar internasional.

Pada jenis yang pertama, ukuran lapangan sepak bola di Indonesia telah ditentukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

PSSI merupakan induk dari semua organisasi sepak bola yang ada di Indonesia. Lembaga ini bertugas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan sepak bola nasional.

Pada jenis yang kedua, ukuran lapangan sepak bola diatur oleh The Federation Internationale de Football Association (FIFA).

FIFA adalah induk dari semua organisasi sepak bola untuk tingkat internasional. Asosiasi inilah yang bertugas dalam mengatur segala regulasi dan teknis yang berkaitan dengan sepak bola di tingkat dunia.

Untuk selengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola menurut PSSI dan FIFA, beserta dengan jenis rumput yang digunakan di lapangan sepak bola.

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

Ukuran lapangan sepak bola standar nasional telah di atur oleh PSSI. Ukuran lapangan inilah yang digunakan dalam menggelar liga sepak bola nasional.

Inilah ukuran lapangan sepak bola standar nasional yang dipergunakan, ditulis dalam satuan meter (m):

1. Panjang Lapangan: 90–120 m
2. Lebar Lapangan: 45–90 m
3. Lingkar Tengah Radius : 9,15 m
4. Kotak Penalti: 18,3 m x 5,5 m
5. Kotak Kiper: 40,3 m x 16,5 m

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

FIFA telah menentukan berapa ukuran lapangan sepak bola untuk standar internasional. Ukuran lapangannya adalah berbeda dengan ukuran lapangan standar nasional yang ditentukan oleh PSSI.

Berikut adalah ukuran lapangan sepak bola standar internasional yang dipergunakan dalam kompetisi sepak bola tingkat dunia:

1. Panjang Lapangan: 100–110 m
2. Lebar Lapangan: 64–75 m
3. Lingkar Tengah Radius: 9,15 m
4. Kotak Penalti: 40,3 m x 16,5 m

3. Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola

Jenis rumput lapangan sepak bola yang bisa digunakan adalah memiliki kriteria tertentu. Salah satu kriteria utamanya adalah harus bisa bertahan dengan baik saat dipergunakan dalam suatu laga pertandingan sepak bola.

Baca Juga:  Ciri-ciri Pantun, Beserta Jenis dan Contohnya

Kualitas rumput yang digunakan di lapangan bola akan menentukan hasil suatu pertandingan sepak bola. Pada liga pertandingan sepak bola internasional, jenis rumput dengan kualitas terbaiklah yang digunakan.

Salah satu indikator untuk menilai kualitas suatu stadion sepak bola dikatakan baik atau buruk pun adalah ditentukan dari jenis rumput yang digunakan di lapangannya.

Berikut adalah daftar jenis rumput yang berkualitas terbaik, yang bisa digunakan di lapangan sepak bola:

1. Zoysia matrella (ZM)

Rumput Zoysia matrella (ZM) adalah jenis rumput terbaik yang bisa digunakan di lapangan sepak bola.

Rumput ini memiliki kualitas yang paling unggul dibandingkan rumput lainnya. Rumput Zoysia matrella memiliki warna lebih hijau, dengan daun berbentuk runcing dan bersifat lebih elastis.

Karena keelastisan dan kualitas yang dimiliki oleh rumput ini, aliran bola dapat dikendalikan dengan mulus dan baik oleh para pemain sepak bola ketika pertandingan sepak bola berlangsung.

2. Cynodon dactylon (CD)

Rumput Cynodon dactylon (CD) adalah jenis rumput yang paling banyak digunakan di lapangan sepak bola.
Kualitas yang dimiliki oleh rumput ini hampir sama dengan jenis sebelumnya yang dibahas, ZM.

Satu hal yang membedakannya berbeda dengan kualitas rumpun yang pertama.Kualitas pada bagian akar rumput ini bersifat lebih rapuh, sehingga lebih mudah rusak dibandingkan dengan rumput ZM.T

Nama lain dari rumput Cynodon dactylon adalah rumput bermuda. Nama inilah yang biasa dikenal di Indonesia.

3. Axonopus compressus (AC)

Rumput Axonopus compressus (AC) adalah jenis rumput yang memiliki bentuk daun yang lebih lebar dibandingkan dengan dua jenis di atas.

Pada umumnya, jenis rumput ini dapat kita jumpai di taman-taman kota. Rumput ini lebih mudah rusak ketika terkena pul sepatu. Karenanya, jenis rumput ini memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan dengan dua jenis rumput sebelumnya.

Nama lain dari Axonopus compressus yang terkenal di Indonesia adalah rumput gajah.

Itulah daftar jenis rumput terbaik yang bisa digunakan pada lapangan sepak bola. Anda kini telah mengetahui bahwa jenis rumput yang digunakan pada lapangan sepak bola bisa berbeda-beda. Semoga bermanfaat!

***

Sumber Foto: Pixabay/smirnoff-nw