Cara Komplain ke Shopee

Sejak beberapa tahun kebelakang, Shopee jadi salah satu situs belanja terbesar yang selalu memprioritaskan kepuasan penggunanya. Oleh karena itu, Shopee berkomitmen untuk terus mengoptimalkan fungsi dari layanan konsumen yang mereka tawarkan.

Grooming Sugar Glider

Lebih Jauh Tentang Shopee dan Layanannya

Tidak bisa dipungkiri, Shopee menjadi situs belanja andalan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Melalui platform resminya, terdapat puluhan ribu dan bahkan ratusan ribu item barang yang dijajakan oleh banyak seller, mulai dari kategori pakaian, mainan anak, sepatu, komponen kendaraan, alat-alat dapur, makanan dan minuman instan, pun pulsa HP dan barang elektronik. Setiap harinya, situs ini ramai dikunjungi ratusan ribu orang dari berbagai kalangan. Maklum jika pada akhirnya ada satu atau dua ornag yang kurang puas atas layanan yang diberikan pihak Shopee. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, tak ada salahnya untuk menyampaikan komplain supaya masalah yang dihadapi dapat segera terselesaikan.

Customer Service Shopee menjadi bagian dari layanan vital yang tersedia dalam aplikasi maupun website resminya. Bisa jadi, CS merupakan layanan paling sibuk dibanding dengan bagian yang lainnya. Sebagai sebuah perusahaan yang menyediakan layanan bagi banyak orang, tentu Shopee tidak bisa bebas dari kritik atau komplain yang diberikan penggunanya. Profesi sebagai layanan konsumen secara umum tidak jauh berbeda dari layanan konsumen dari perusahaan lain. Adapun beberapa tugas CS Shopee meliputi:

  1. Menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan penjual maupun pembeli Shopee.
  2. Menjawab berbagai pertanyaan yang dilayangkan oleh penjual atau pembeli melalui aplikasi Shopee.
  3. Memberikan respon atas beragam keluhan yang berkaitan dengan transaksi atau pengoperasian layanan Shopee.
  4. Membangun komunikasi yang baik bersama pengguna Shopee, tanpa terkecuali.

Prosedur Mengajukan Komplain ke Shopee

Ada total 3 metode yang bisa digunakan untuk mengajukan komplain ke Shopee lewat CS, diantaranya adalah sebagai berikut.

RajaBackLink.com
  1. Layanan Chat 24 jam yang bisa diakses melalui aplikasi Shopee. Pelanggan bisa memulai chat ke Agen Shopee secara langsung agar mendapat tanggapan segera.
  2. Pusat bantuan dari aplikasi Shopee yang bisa digunakan dengan cara membuka menu Saya dan klik opsi Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee. Apabila pengguna memilih menggunakan Pusat Bantuan, silakan klik tab Chat Shopee Sekarang dan halaman baru berupa layar chat akan segera muncul. Pada tahap ini, silakan tuliskan keluhan yang dialami dan tunggu balasan dari CS.
  3. Layanan Call Center 24 jam yang dapat dihubungi melalui nomor 1500702. Bisa dibilang layanan ini tidak pernah libur karena beroperasi selama 24 jam dalam seminggu penuh, tidak terkecuali dengan Hari Libur Nasional.

Shopee tidak hanya menjadi wadah bagi para penjual yang berniat memasarkan produknya, atau sebagai media bagi konsumen untuk membeli barang kebutuhannya. Shopee juga berupaya untuk menyediakan fasilitas jual beli online yang aman dan nyaman untuk berbagai pihak, utamanya penggunanya. Termasuk diantaranya dengan mengadakan layanan pengiriman Shopee Standard Express.

Seperti halnya layanan ekspedisi lainnya, pengiriman oleh Shopee tidak lepas dari yang namanya kritik berikut komplain para penggunanya. Tidak sedikit pula dari kalangan pengguna yang mengajukan pertanyaan seputar layanan pengiriman tersebut. Terkait dengan hal tersebut, komplain ke Shopee bisa diajukan melalui call center Standard Express di nomor (021) 1500702.

Ada pula alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengajukan komplain ke Shopee, yaitu dnegan mengirimkan email ke [email protected]. Atau bisa mengakses halaman resmi Shopee Standard Express di shopeexpress.co.id untuk keluhan terkait layanan pengiriman mereka.

 

Sumber gambar: Unsplash Free Image