Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Dalam beberapa kasus, konsumen harus membatalkan pemesanan suatu barang meskipun pesanannya tersebut sudah diproses dan dikirim penjual di Tokopedia. Alasannya pun beragam, mulai dari kesalahan input detail barang hingga terjadi miskomunikasi antara penjual dan pembeli. Lantas, bagaimanakah cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang efektif dan efisien?

Tokopedia sendiri bisa dibilang salah satu pionir situs belanja online untuk bermacam-macam barang. Karenan sistem yang praktis dan efektif, cukup banyak pengguna yang keluar masuk aplikasi Tokopedia per harinya. Dibalik kemudahan itu, terkadang konsumen terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan sehingga keliru memesan barang.

Secara umum, pengajuan pembatalan pemesanan barang di Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah, tentunya dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Misalnya, akun Tokopedia pembeli harus sudha mengaktifkan OVO Cash, telah mendapat konfirmasi dari pihak penjual, serta pembatalan dilakukan dalam kurun 2 jam setelah pembayaran dilakukan. Pada titik ini, penjual wajib menyetujui permintaan tersebut agar klaim konsumen dapat dikabulkan.

Perlu diketahui, pengajuan pembatalan pembelian berasal dari permintaan konsumen, sehingga penjual akan menjadi pihak yang dirugikan, sebab mungkin saja barang terkait sudah dikemas dan siap dikirim. Oleh karena itu, sistem di Tokopedia mengatur agar dana pembayaran konsumen bisa direfund apabila penjual sudah menyetujui klaim pembatalan.

Panduan Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Berikut merupakan panduan lengkap membatalkan pesanan barang di Tokopedia.

  1. Konfirmasikan pembatalan pesanan lewat fitur live chat ke penjual, pastikan pula untuk menjelaskan alasan pembatalan pembelian agar pengajuan dapat dimengerti penjual.
  2. Pembeli wajib mengirimkan pesan ke penjual dari laman transaksi pemesanan. Chat yang berasal dari halaman transaksi akan menyertakan invoice 'sudah lunas' secara otomatis, sehingga akan memudahkan penjual dalam menandai pesanan yang hendak dibatalkan.
  3. Melalui chat tersebut, informasikan pada penjual untuk tidak merespon pesanan terlebih dahulu. Pun, katakan agar penjual menunggu kurang lebih 2 jam karena tombol 'Pembatalan' transaksi baru bisa berfungsi setelah 2 jam dari transaksi pembayaran sukses.
  4. Setelah itu, masuk ke halaman daftar transaksi dan tekan button 'Lihat Detail Pesanan' supaya rincian pesanan barang bisa ditampilkan.
  5. Sesaat setelah jendela detail pesanan berhasil ditampilkan, klik tombol 'Ajukan Pembatalan'.
  6. Akan muncul pop-up baru yang mempersilakan pembeli menuliskan alasan pembatalan pesanan, contohnya salah dalam memilih warna barang atau lupa menginput kode voucher.
  7. Klik 'Ajukan' dan pengajuan pembatalan akan segera diproses.
Baca Juga:  Gratis Ongkir Shopee Tanpa Batas, Begini Caranya

Ketika pembeli menyelesaikan proses pembatalan, status pesanan akan berubah menjadi 'Pembeli mengajukan pembatalan pemesanan'. Jika status itu sudah muncul, pembeli hanya perlu menunggu pihak penjual mengkonfirmasi pembatalan tersebut. Namun perlu diingat, pihak penjual diberi kebebasan untuk menolah pembatalan pesanan yang diajukan konsumen, misalnya karena produk yang dipesan sudah diambil dari pemasok, atau produk sudah terlanjur diserahkan kepada pihak ekspedisi. Jika kondisi seperti ini terjadi, penjual akan tetap melanjutkan pesanan seperti biasa dan konsumen bisa memeriksa status pesanannya secara periodik.

Sementara itu, untuk prosedur cara membatalkan pesanan di Tokopedia pada transaksi yang belum dibayar ialah sebagai berikut. Apabila pembeli sudah merampungkan pembayaran namun statusnya belum terverifikasi, artinya transaksi akan dibatalkan secara otomatis. Kemudian, refund dana akan dikirimkan ke Saldo Refund, atau bisa juga disesuaikan dengan metode transaksi yang dipilih.

Pembatalan transaksi dapat diajukan setiap saat selama pembayaran belum diverifikasi. Atau, agar lebih praktis konsumen bisa membiarkan pesanan begitu saja tanpa melakukan pembayaran, sehingga nantinya akan terjadi pembatalan otomatis saat sistem membaca tenggat pembayaran sudah expired.

Demikian panduan cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang bisa Anda coba, mudah bukan?