Cara Membuat Akun Google Baru Lewat HP Maupun Komputer

Pasti anda pernah mendengar mengenai layanan email dari google yang disebut dengan Gmail ? Gmail adalah layanan email milik Google yang diperuntukan oleh semua orang yang telah memenuhi syarat – syarat tertentu.

Tak hanya dapat digunakan melalui PC, akun gmail juga dapat digunakan di ponsel android. Bahkan, dapat dikatakan keharusan, karena sistem di ponsel android  terintegrasi dengan fitur – fitur lainnya.

Fitur-fitur yang terhubung dengan akun lain adalah  Google Drive, Google Chrome, Play store, Youtube, dan masih banyak lagi. Apalagi bagi anda yang suka mengunakna sosial media, tentu pengunaan akun Google sangat diperlukan.

Dahulu, Gmail pertama kali diperkenalkan ke publik dengan cara mengundang satu persatu orang baru untuk membuat akun. Bukan tanpa sebab, strategi ini ditujukan untuk membentuk reputasi yang baik dan eksklusif. Namun, pada bulan februari 2007 cara ini dihentikan dan gmail berubah menjadi layanan email paling populer hingga saat ini.

Berbeda dengan para kompetitornya, Gmail hanya mengiriman email saja tanpa embel – embel iklan. Hal ini berlaku untuk akses melalui pc maupun melalui ponsel anda.

Cara membuat akun google sangat mudah. namun tidak sedikit penguna baru yang mengalami kesulitan. Nah, biar gak binggung berikut merupakan cara membuat akun google yang baru :

Manfaat menggunakan akun Gmail

1. Penyaringan Spam

Spam, merupakan salah satu masalah yang sulit dihindari. Meskipun sebagian besar layanan email menawarkan sistem penyaringan untuk spam namun, penyaringan spam dari google terbilang sangat efektif. Gmail dapat menyaring spam, virus, dan phising iklan, sehingga sangat bermanfaat untuk pengunanya.

2. Merger dengan Google Hangouts

Pada dekstop Gmail, terdapat tampilan kontak hangouts pada sisi kiri layar, sehingga dengan mudah Anda dapat mengetahui siapa saja yang berada pada kontak email milik Anda.Kelebihan dari Hangouts ialah tak hanya dapat bertukar pesan layaknya chating namun juga bisa digunakan untuk video call.

3. Akses offline

Keunggulan lain akun Gmail adalah, akses dapat terus berjalan meskipun tidak dalam keadaan terhubung dengan internet. Sehingga hal ini memudahkan saat Anda berada di tempat yang jauh dari jangkauan internet.

Agar anda tetap dapat terus mengunakan akun Gmail tanpa fasilitas internet carannya cukup mudah yaitu dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser Anda.

Jika sudah mengetahui manfaat dari akun Gmail, selanjutnya berikut cara membuat akun Gmail dari komputer :

Cara membuat akun Google baru di komputer

1. Pertama, ketik alamat www.Gmail.com pada web browser Anda.

2. Kedua, klik create an account, kemudian akan muncul sebuah kotak.

3. Alternatif lain,  masuk ke alamat https://accounts.google.com/signup kemudian isi dengan data diri Anda dengan lengkap.

Pastikan data diri yang perlu dilengkapi seperti nama depan, nama belakang, username, dan password.

4. Setelah mengisi nama, selanjutnya Anda dapat menuliskan username. Username pilihan Anda dapat disesuaikan dengan yang tersedian di akun Gmail.

5. Perhatikan, jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Maka dapat diartikan ada kesalahan seperti berikut ini :

-Username yang anda buat sudah digunakan orang lain sehingga tidak bisa digunakan.

-Username yang anda buat memiliki kemiripan dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika [email protected] sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan [email protected])

-Username anda bisa jadi sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus

-Tidak disediakan oleh Google karena untuk mencegah spam atau penyalahgunaan

Jika hal ini terjadi  Anda bisa mengunakan cara seperti  menambah angka atau mencoba username yang lain. Atau Anda dapat mengikuti alamat email yang disarankan.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

6. Lanjutkan degan klik next kemudian semua kolom kosong Anda isi dengan data yang sesuai. Dan yang terpenting untuk  tanggal lahir dan jenis kelamin harus diisi dengan sesuai. Tapi jangan khawatir, jika anda tidak ingi memberikan informasi no telp maka anda tidak perlu mengisinnya.

7. Jika sudah terisi semua,maka lanjutkan dengan klik Next Step, tunggu sampai muncul agreement, atau kotak persyaratan, kemudian klik pada I Agree.

8. Tahapan pengisian data selesai, Anda telah memiliki akun Gmail sekarang dan siap digunakan.

Cara membuat akun Google baru di Android atau HP dengan OS lainnya

Cara membuat akun Google baru di HP pada dasarnya sama seperti cara membuat akun google baru di komputer

1. Langkah pertama, cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Langkah kedua, cari menu account atau akun.

3. Kemudian pilih add account atau tambah akun.

4. Selanjutnya cari ikon google.

5. Tunggu beberapa saat dan akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilihlah create a new account.

7. Kemudian, isi nama depan dan nama belakang secara tepat sesuai identitas.

8. Kemudian klik next.

9. Lanjutkan dengan mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama yang tepat sebagai username Anda.

12. Klik next dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

13.Perhatikan, Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another” Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih.

14. Selanjutnya, anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Kemudian klik next.

16. Pilihlah password yang mudah untuk diingat. Dengan ketentuan minimal 8 karakter, kombinasi dari  huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Dan jangan sampai lupa, Anda harus  samakan isian kolom atas dengan bawah. Namun, jangan sampai berhbungan dengan nama atau tanggal lahir Anda ya, untuk menhindari pembobolan.

17. Kemudian klik next.

18. Jika Anda ingin mengisi maka cukup klik next, namun jika tidak klik skip.

19. Kemudian akan muncul kotak Privacy and Terms dan baca secara seksama.

20. Lanjutkan dengan Klik I Agree.

21. Selanjutnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Kemudian Klik Next.

13. Jika muncul pilihan pembayaran, lewatkan saja dan klik No Thanks, kemudian klik Next dan selanjutnya aplikasi terproses. Tunggu beberapa saat hingga  Anda akan mendapat pemberitahuan  bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

14. Setelah memiliki akun email di Gmail, untuk mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store menjadi lebih mudah.

Cara membuat akun Google Baru Jika sudah punya sebelumnya

Anda tidak perlu bingung jika ternyata sebelumnya sudah memiliki akun google dan ingin membuat lagi. Caranya juga cukup mudah, klik foto profil ata inisial nama anda yang beradapada pojokan atas. Kemudian klik tambahkan akun lainnya, dan anda pun dapat membuat akun gmail yang baru dengan langkah – langkah seperti diatas.

 

Carannya sungguh mudah bukan ? Jika Anda merasa sedikit binggung, maka Anda dapat mengikuti setiap langkahnya seperti diatas.

Semoga artikel diatas dapat memberikan informasi yang lengkap, anda cukup mengunakan sesuai kebutuhan anda. Dapat membuat akun google mellaui PC aupun ponsel sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika artikel ini cukup membantu, silahkan share kepada teman maupun kerabat Anda.

Selamat mencoba!