Cara Membuat Email Gmail dan Yahoo Mail

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Di era yang semakin canggih ini, bertukar pesan sudah mulai beralih menggunakan email. Email merupakan kependekan dari elektronic mail atau surat elektronik. Email sendiri selain berguna sebagai mengirim dan menerima pesan, juga berguna untuk mendaftar akun, seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara untuk membuat email, yaitu lewat google atau yahoo. Di sini, akan dibahas satu-persatu cara membuat email dari google ataupun yahoo. Simak caranya di bawah ini:

Cara Membuat Email dengan Google

Google menyediakan layanan email dengan nama gmail atau google mail. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke alamat gmail di www.gmail.com pada browser Anda.
  2. Pada sebelah kanan atas, klik tombol “Create an account” atau “Buat akun”.
  3. Kemudian Anda akan masuk ke halaman baru di mana Anda diharuskan untuk mengisi data diri, dan isilah data diri tersebut dengan benar dan lengkap. Mulai dari nama depan, nama belakang, nama pengguna, sandi, konfirmasi sandi, tanggal lahir, gender, nomor telepon, hingga lokasi negara Anda.
  4. Setelah mengisi data dengan lengkap dan benar, klik “Langkah berikutnya”.
  5. Akan tampil informasi mengenai privacy dan persyaratan. Baca dengan seksama, kemudian klik “I agree” atau “Saya setuju”.
  6. Jika sudah, selanjutnya akan muncul tampilan selamat datang pada laman Anda dan klik “Lanjutkan ke gmail”.
  7. Akun gmail Anda telah siap untuk digunakan.

Cara Membuat Email dengan Yahoo

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke alamat yahoo di www.yahoo.com pada browser Anda.
  2. Pada halaman login yahoo, klik “Sign up” pada bagian bawah halaman.
  3. Selanjutnya, sama seperti gmail Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi formulir pendaftaran akun yahoo mail. Isi data tersebut dengan benar dan lengkap. Data tersebut diantaranya adalah, nama depan, nama belakang, nama pengguna, kata sandi, nomor telepon, tanggal, bulan dan tahun kelahiran, dan gender.
  4. Setelah data diri tersebut Anda isi dengan lengkap dan benar, klik tombol “Continue” untuk lanjut ke langkah berikutnya.
  5. Kemudian, akan tampil halaman verifikasi. Masukkan nomor telepon Anda yang masih aktif untuk verifiasi akun, lalu tekan tombol “Text me an account key”.
  6. Anda akan menerima sms pada nomor telepon yang Anda daftarkan tadi yang berisi kode verifikasi, lalu masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang sudah disediakan dan klik “Verify”.
  7. Jika masih belum menerima sms kode verifikasi, klik “Re-send” untuk memintanya kembali pada yahoo.
  8. Jika sudah, akan ada tulisan Congratulation di halaman Anda dan ini berarti Anda sudah berhasil membuat akun email dari yahoo. Klik “Let’s get started”
  9. Akun yahoo mail Anda siap untuk digunakan.