Hasil Free Practice 2 MotoGP Ceko pada Hari ini Fabio QUARTARARO sukses menorehkan catatan memuaskan. Pembalap Petronas Yamaha SRT ini menjadi yang tercepat pada sesi Free Practice 2 dengan mencatatkan waktu terbaik 1'56.502.
Fabio QUARTARARO dibuntuti oleh Franco MORBIDELLI – Petronas Yamaha SRT yang secara ketat berada di urutan kedua dengan cacatan waktu terbaiknya 1'56.509. Menyusul kemudian Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Tech 3 yang menduduki urutan ketiga setelah mendapat catatan waktu terbaiknya 1'56.550.
Johann ZARCO mengakhiri sesi free practice kedua di urutan ke-4. Selisih waktunya dengan Miguel OLIVEIRA sangat tipis. Setinggat lebih rendah dari Johann ZARCO diduduki oleh Maverick VIÑALES dengan raihan waktu terbaik 1'56.668. Lalu ada juga Joan MIR melengkapi jajaran sepuluh besar di posisi ke-6 dengan waktu 1'56.876.
Aleix ESPARGARO sukses menjadi yang tercepat ke-7 setelah mendapat catatan waktu terbaiknya 1'57.041.
Pol ESPARGARO – Red Bull KTM Factory Racing menjadi yang tercepat urutan 8. Catatan waktu 1'57.059 mendorong posisinya naik tepat di bawah Aleix ESPARGARO. Sedangkan posisi ke-9 ditempati oleh Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU dan Jack MILLER – Pramac Racing menempati posisi ke-10.
Hasil Free Practice 2 MotoGP Ceko 2020
- Fabio QUARTARARO – Petronas Yamaha SRT, Catatan Waktu 1'56.502
- Franco MORBIDELLI – Petronas Yamaha SRT, Catatan Waktu 1'56.509
- Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Tech 3, Catatan Waktu 1'56.550
- Johann ZARCO – Esponsorama Racing, Catatan Waktu 1'56.583
- Maverick VIÑALES – Monster Energy Yamaha MotoGP, Catatan Waktu 1'56.668
- Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR, Catatan Waktu 1'56.876
- Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini, Catatan Waktu 1'57.041
- Pol ESPARGARO – Red Bull KTM Factory Racing, Catatan Waktu 1'57.059
- Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU, Catatan Waktu 1'57.073
- Jack MILLER – Pramac Racing, Catatan Waktu 1'57.109
- Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing, Catatan Waktu 1'57.279
- Valentino ROSSI – Monster Energy Yamaha MotoGP, Catatan Waktu 1'57.290
- Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR, Catatan Waktu 1'57.354
- Danilo PETRUCCI – Ducati Team, Catatan Waktu 1'57.620
- Andrea DOVIZIOSO – Ducati Team, Catatan Waktu 1'57.635
- Alex MARQUEZ – Repsol Honda Team, Catatan Waktu 1'57.688
- Tito RABAT – Esponsorama Racing, Catatan Waktu 1'57.777
- Cal CRUTCHLOW – LCR Honda CASTROL, Catatan Waktu 1'57.865
- Bradley SMITH – Aprilia Racing Team Gresini, Catatan Waktu 1'58.161
- Iker LECUONA – Red Bull KTM Tech 3, Catatan Waktu 1'58.378
- Stefan BRADL – Repsol Honda Team, Catatan Waktu 1'58.424
Baca juga link Live Streaming Trans7 untuk menyaksikan MotoGP dari komputer Anda.
Jadwal MotoGP Ceko
Berikut adalah jadwal MotoGP Ceko 6 Agustus 2020 – 9 Agustus 2020 berdasarkan MotoGP.com (bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya):
Hari Kamis, 6 Agustus 2020
Press Conference: 22:00 WIB
Hari Jumat, 7 Agustus 2020
Free Practice Nr. 1: 14:55 – 15:40 WIB
Free Practice Nr. 2: 19:10 – 19:55 WIB
Hari Sabtu, 8 Agustus 2020
Free Practice Nr. 3: 14:55 – 15:40 WIB
Free Practice Nr. 4: 18:30 – 19:00 WIB
Qualifying Nr. 1: 19:10 – 19:25 WIB
Qualifying Nr. 2: 19:35 – 19:50 WIB
Hari Minggu, 9 Agustus 2020
Warm Up: 14:40 – 15:00 WIB
Race: 19:00 WIB
Sejarah Sirkuit Brno
Automotodrom Brno atau Sirkuit Brno adalah lintasan balap Internasional milik Republik Ceko. Dipakai untuk menggelar kejuaraan MotoGP, Superbike, dan A1GP. Oleh masyarakat lokal dan pihak pengelola arena balap ini masih akrab dijuluki Sirkuit Masaryk. Tak lain merupakan nama resmi event balap perdana di negara tersebut yang berasal dari nama Tomas Garrigue Masaryk, Presiden Cekoslowakia pertama.
Tahun 1987 menjadi awal mula bagi Kota Brno mengadakan event Grand Prix era modern. Meski demikian di wilayah kota pegunungan ini sebenarnya sudah sejak tahun 1930 menggelar perlombaan balap. Namun masih sekedar memanfaatkan jalan raya di lingkungan pedesaan hingga sekitaran daerah barat kota Brno. Panjang trek jalanan pada masa tersebut bisa mencapai 29,1 km untuk satu putarannya.
Baru kemudian di tahun 1982 proyek pembangunan sirkuit yang menyesuaikan aturan-aturan keselamatan dari FIM mulai direncanakan. Tahun 1985 akhirnya pengerjaan pun dimulai, tetapi bukan di lokasi yang sama persis saat terakhir balapan Grand Prix digelar. Lahan hutan lereng dipilih untuk membangun sirkuit permanen.
Dalam pengerjaannya dilakukan pula penghijauan kembali dalam rangka mengganti pepohonan yang sebelumnya harus ditebang. Hingga sekarang Sirkuit Brno telah begitu identik dengan panorama hutan di sekelilingnya.