Hasil Latihan Bebas ketiga MotoGP Ceko pada Sabtu, 8 Agustus 2020 mencatat Franco MORBIDELLI menjadi pembalap tercepat pada sesi tersebut dia mencatatkan waktu terbaik 1'56.037.
Catatan tercepat Franco MORBIDELLI dibuntuti oleh Johann ZARCO yang secara ketat menjadi pesaing terberatnya dengan cacatan waktu terbaiknya 1'56.053. Menyusul kemudian Fabio QUARTARARO yang menduduki urutan ketiga setelah mendapat catatan waktu terbaiknya 1'56.134.
Meski hanya latihan bebas atau free practice (FP) namun agenda yang terdiri atas 3 sesi tersebut juga merupakan modal penting menuju kualifikasi. Nantinya kualifikasi berjalan selama 2 babak. Pembalap tercepat di peringkat 10 besar dari FP 1, 2, dan 3 berhak untuk langsung lolos ke babak kualifikasi 2 (Q2).
Sementara sisanya harus berjuang lagi menorehkan waktu putaran tercepatnya masing-masing di babak kualifikasi 1 (Q1). Hanya akan keluar 2 pembalap tercepat untuk bergabung bersama kelompok 10 besar tadi. Lalu dilanjutkan perjuangan ke babak Q2.
Pol ESPARGARO mengakhiri sesi free practice ketiga di urutan ke-4. Selisih torehan waktunya dengan Fabio QUARTARARO sangat tipis. Setinggat lebih rendah dari Pol ESPARGARO diduduki oleh Valentino ROSSI dengan raihan waktu terbaik 1'56.150. Lalu ada juga Aleix ESPARGARO melengkapi jajaran sepuluh besar di posisi ke-6 dengan waktu 1'56.183.
Joan MIR (Team SUZUKI ECSTAR) juga telah dinyatakan tak perlu melalui Q1 lagi. Pembalap ini sukses menjadi yang tercepat ke-7 setelah mendapat catatan waktu terbaiknya 1'56.261.
Cal CRUTCHLOW (LCR Honda CASTROL) menjadi yang tercepat urutan 8. Waktu tempuh lap berdurasi 1'56.263 mendorong posisinya naik tepat di bawah Joan MIR. Sedangkan posisi ke-9 ditempati oleh Maverick VIÑALES (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Danilo PETRUCCI (Ducati Team) menempati posisi ke-10.
Hasil Latihan Bebas 3 MotoGP Ceko 2020
- Franco MORBIDELLI – Petronas Yamaha SRT, Catatan Waktu 1'56.037
- Johann ZARCO – Esponsorama Racing, Catatan Waktu 1'56.053
- Fabio QUARTARARO – Petronas Yamaha SRT, Catatan Waktu 1'56.134
- Pol ESPARGARO – Red Bull KTM Factory Racing, Catatan Waktu 1'56.140
- Valentino ROSSI – Monster Energy Yamaha MotoGP, Catatan Waktu 1'56.150
- Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini, Catatan Waktu 1'56.183
- Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR, Catatan Waktu 1'56.261
- Cal CRUTCHLOW – LCR Honda CASTROL, Catatan Waktu 1'56.263
- Maverick VIÑALES – Monster Energy Yamaha MotoGP, Catatan Waktu 1'56.282
- Danilo PETRUCCI – Ducati Team, Catatan Waktu 1'56.294
- Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR, Catatan Waktu 1'56.355
- Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU, Catatan Waktu 1'56.457
- Andrea DOVIZIOSO – Ducati Team, Catatan Waktu 1'56.521
- Jack MILLER – Pramac Racing, Catatan Waktu 1'56.590
- Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing, Catatan Waktu 1'56.730
- Tito RABAT – Esponsorama Racing, Catatan Waktu 1'57.031
- Bradley SMITH – Aprilia Racing Team Gresini, Catatan Waktu 1'57.052
- Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Tech 3, Catatan Waktu 1'57.071
- Alex MARQUEZ – Repsol Honda Team, Catatan Waktu 1'57.335
- Stefan BRADL – Repsol Honda Team, Catatan Waktu 1'57.509
- Iker LECUONA – Red Bull KTM Tech 3, Catatan Waktu 1'57.569
Baca juga link Live Streaming Trans7 untuk menyaksikan MotoGP dari komputer Anda.
Jadwal MotoGP Ceko
Berikut adalah jadwal MotoGP Ceko 6 Agustus 2020 – 9 Agustus 2020 berdasarkan MotoGP.com (bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya):
Hari Kamis, 6 Agustus 2020
Press Conference: 22:00 WIB
Hari Jumat, 7 Agustus 2020
Free Practice Nr. 1: 14:55 – 15:40 WIB
Free Practice Nr. 2: 19:10 – 19:55 WIB
Hari Sabtu, 8 Agustus 2020
Free Practice Nr. 3: 14:55 – 15:40 WIB
Free Practice Nr. 4: 18:30 – 19:00 WIB
Qualifying Nr. 1: 19:10 – 19:25 WIB
Qualifying Nr. 2: 19:35 – 19:50 WIB
Hari Minggu, 9 Agustus 2020
Warm Up: 14:40 – 15:00 WIB
Race: 19:00 WIB
Sirkuit Brno Saat Ini
Sirkuit permanen Republik Ceko tersebut lalu bernama Automotodrom Brno sebagaimana kita ketahui di masa sekarang. Dibuat dengan panjang trek 5,4 km atau sepanjang 3,36 mil. Mempunyai lintasan lurus terpanjang berjarak tempuh 636 m yang dipadukan bersama 6 tikungan kiri serta 8 tikungan kanan.
Areal bidang tanah di dalam Sirkuit Brono punya kontur layaknya sebuah mangkuk. Kondisi demikian membuat area tempat penonton berkapasitas 180 ribu orang letaknya lebih tinggi dibanding lintasan. Penonton berpeluang lebih besar menyaksikan langsung balapan di banyak sektor.
Lebar jalan Sirkuit Brno juga menjadi nilai lebih tersendiri bagi para pembalap. Dengan lebar maksimum mencapai 15 m, masing-masing rider pun dapat melakukan manuver secara leluasa. Khususnya ketika rider sedang berada di sebuah tikungan. Aksi salip sembari menikung kerap kali terjadi di tiap titik tikungan yang memiliki radius bervariasi dari 50 m sampai 300 m.
Sedari tahun 1980an sampai sekarang Automotodrom Brno tercatat baru sekali melaksanakan proyek pemugaran. Itu dilakukan pada tahun 1996 dan hanya sebatas memperbaiki bagian pit entry. Selebihnya sirkuit ini masih mengusung layout yang sama tatkala petama kali berdiri. Mungkin hanya corak atau tatanan visualnya saja yang berubah-ubah menyesuaikan trend maupun kebutuhan.
Sama seperti perombakan yang baru pernah satu kali dialaminya, Sirkuit Brno juga baru satu kali saja tidak menjadi tuan rumah MotoGP. Terjadi demikian di tahun 1992 lantaran problem politik internal yang menimpa Republik Ceko.