Jadwal Imsak Kota Wonogiri dan Sekitarnya pada 13 April 2021

Jadwal Imsak Kota Wonogiri dan Sekitarnya pada Tanggal 13 April 2021

Cerah.id sudah merangkum jadwal imsak kota Wonogiri dan sekitarnya untuk menemani ibadah puasa anda selama satu bulan ke depan.

Awal Ramadhan kali ini masih sama seperti tahun kemarin. Dengan adanya pandemi Covid-19, diharuskan menjalankan ibadah di rumah.

Namun tidak mengurangi rasa khidmat dan suka cita menyambut Ramadhan. Justru dengan kondisi seperti ini, menjadi sarana agar semakin akrab sesama anggota keluarga.

Untuk penentuan 1 Ramadhan masih menunggu keputusan sidang isbat. Namun diperkirakan 1 Ramadhan akan jatuh pada tanggal 12 April 2021 atau 13 April 2021.

Jadwal imsak diakses dari website resminya Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama.

Simak jadwal imsak dan sholat untuk anda yang ada di kota Wonogiri dan sekitarnya.

Jadwal Imsak Kota Wonogiri dan Sekitarnya pada 13 April 2021
pexels.com

Detail Jadwal Imsak Kota Wonogiri dan Sekitarnya pada 13 April 2021

Selain menampilkan jadwal imsak, juga akan disertai jadwal sholat bagi daerah Wonogiri dan sekitarnya.

Jadwal Imsak pada 1 Ramadhan 1442 Hijriah

Imsak : 04:13 WIB

Subuh : 04:23 WIB

Dzuhur : 11:40 WIB

Ashar : 14:59 WIB

Magrib dan buka puasa : 17:38 WIB

Isya : 18:48 WIB

Ibadah yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Puasa

Selain shalat 5 waktu, terdapat ibadah-ibadah lain yang bisa anda lakukan selama bulan puasa. Ibadah ini berfungsi sebagai pelengkap agar pahala dan amal ibadah kita semakin barokah.

Zikir

Zikir merupakan ibadah yang sering dilakukan pada hari-hari biasa. Apalagi di bulan suci Ramadhan yang penuh pahala.

Ibadah ini bisa dilakukan kapan dan dimanapun anda berada. Dengan menyebut asma-asma Allah SWT yang indah, insyaallah akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Sedekah

Contohnya seperti memberi makan fakir miskin, membantu orang membutuhkan, menyantuni anak yatim, dan lain-lain.

Sedekah tidak hanya berbentuk materi seperti uang. Namun bisa juga makanan maupun tenaga yang bisa kita gunakan untuk membantu sesama.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Sehingga kesusahan dalam memenuhi kebutuhan ekonominya.

Oleh sebab itu, dengan bersedekah akan sangat membantu dan meringankan beban mereka.

Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Bulan Ramadhan disebut sebagai bulan Al-Qur’an. Karena pada bulan Ramadhan, Al-Qur’an pertama kali turun yang disebut sebagai malam lailatul qadar.

Oleh karena itu, dengan membaca Al-Qur’an akan melipatgandakan pahala kita selama bulan puasa.

Selain dapat dibaca seusai sholat, Al-Qur’an juga bisa menemani anda pada saat menunggu buka puasa.

Melakukan Shalat Malam Berjamaah

Saat kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan melakukan ibadah di rumah. Akan tetapi, anda masih bisa melakukan ibadah shalat tarawih berjamaah di rumah.

Tentu saja bersama keluarga yang berada di rumah. Niscaya akan memperoleh pahala dan akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Mencari Keutamaan Lailatul Qadar

Salah satu keutamaan pada bulan Ramadhan ialah adanya malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar merupakan malam turunnya ayat Al-Qur’an yang pertama.

Malam lailatul qadar sering disebut dengan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Karena banyak pahala dan keutamaan yang terdapat pada malam lailatul qadar. 

Untuk mengetahui kapan pastinya malam lailatur qadar, tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Namun Allah SWT telah memberikan tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar.

Seperti malam lailatul qadar akan turun pada salah satu malam ganjil pada akhir bulan Ramadhan. Tak hanya itu saja, cuaca pada malam itu juga terasa sejuk dan tenang.

Itu tadi informasi mengenai jadwal imsak kota Wonogiri pada tanggal 13 April 2021. Selain itu, terdapat ibadah yang dapat dilakukan selama bulan puasa.