Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Kota Jakarta dan Sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Kota Jakarta dan Sekitarnya

Tanpa terasa akan memasuki bulan Ramadhan 2021, hanya dalam hitungan hari. Untuk itu, perlu mengetahui jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Kota Jakarta dan waktu buka puasanya. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan lebih baik dari seribu bulan.

Setiap umat muslim pasti menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan suka cita. Pada bulan ini akan menghapus semua dosa dan setiap pahalanya yang berlipat ganda.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Kota Jakarta dan Sekitarnya
pexels.com

Berikut Ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Kota Jakarta

Ramadhan 1442 Hijriah yang hanya tinggal sebentar lagi. Setiap umat Islam akan menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan 1442 H.

Bulan Ramadhan sebagai salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Dengan berdoa pada bulan Ramadhan, maka Allah SWT menjanjikan untuk mengabulkan doa tersebut.

Setiap memanjatkan doa agar memberikan kelancaran untuk kepentingan dunia dan akhirat. Selain itu juga tidak lupa untuk mendoakan kaum muslimin yang lainnya.

Untuk membantu dalam melancarkan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan. Satu satunya dengan memiliki jadwal imsakiyah. Jadwal imsakiyah sebagai satu informasi umat Islam dalam memantau puasa bulan Ramadhan 1442 H.

Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan jadwal imsakiyah Ramadhan 1442 H. Untuk setiap kota yang ada di Indonesia, melalui situs resminya bimasislam.kemenag.go.id.

Berikut ini jadwal Imsakiyah dan buka puasa Ramadhan. Terutama untuk wilayah Kota Jakarta dan sekitarnya.

1 Ramadhan 1442 H atau 13 April 2021

Imsak 04:28

Subuh 04:38

Terbit 05:51

Dhuha 06:18

Zuhur 11:57

Asar 15:14

Magrib 17:56

Isya’ 19:05

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

Berikut ini beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan, tentunya semua umat Islam yang selalu menunggu kehadirannya.

Mendapat Pengampunan Segala Dosa dan Kesalahan

Bulan Ramadhan sebagai bulan pengampunan segala dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat. Dengan adanya bulan Ramadhan menjadikan waktu yang tepat. Terutama untuk melaksanakan kesempatannya bertaubat.

Pada bulan ini, Allah SWT akan mengampuni segala dosa dan kesalahan. Namun apabila anda mau berdoa dan memohon kepada-Nya.

Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan menjadikan bulan yang istimewa. Hal itu karena pada bulan Ramadhan, kitab suci Alquran turun atau yang disebut dengan Syahrul Quran. Diturunkannya Al Quran pada bulan Ramadhan tentu menjadikan suatu bukti bahwa Ramadhan memang menjadi bulan yang istimewa.

Malam Lailatul Qodar

Pada bulan Ramadhan memiliki malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Malam tersebut dengan sebutan malam Lailatul Qodar. Pada malam Lailatul Qodar, akan ada banyak keberkahan dan kemuliaan.

Malam Lailatul Qodar terletak pada hari yang ganjil dan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan 2021. Sehingga wajib untuk memperbanyak ibadah pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan tersebut. Hal itu agar mendapatkan kemuliaan dan keberkahan malam Lailatul Qodar.

Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan bulan Ramadhan dengan pahala yang berlipat ganda. Allah SWT menjanjikan setiap pahalanya yang akan berlipat ganda. Hal itu atas semua ibadah dan kebaikan yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Berpuasa pada bulan Ramadhan, akan mendapatkan pahalanya seperti berpuasa 10 bulan. Oleh karena itu, sungguh akan sangat merugi bagi setiap umatnya apabila dengan sengaja melewatkan berpuasa di bulan Ramadhan.

Dibukakan Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Pada bulan Ramadhan, Allah SWT akan menutup semua pintu neraka. Namun Allah SWT akan membukakan lebar-lebar semua pintu surga. Sehingga mempersilakan semua umat Islam yang ingin memasukinya.

Untuk itu, anda bisa mengetahui jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 Kota Jakarta di atas. Sehingga dapat membantu dalam memperlancar pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan anda.