Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Makassar dan Sekitarnya 1442 H

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Makassar dan Sekitarnya 1442 H

Jadwal imsakiyah Ramadhan Kota Makassar tahun ini sudah keluar. Bulan suci 1442 H yang kita tunggu ini sudah di depan mata. 

Suasana Ramadhan juga sudah terasa kental. Berbagai persiapan juga telah terlihat dalam lingkup masyarakat ataupun layar televisi.

Puasa hari pertama baru akan ditentukan dalam sidang isbat. Sidang tersebut akan dilangsungkan pada tanggal 12 April 2021, yang tayang melalui siaran televisi.

Namun, PP Muhammadiyah telah mengeluarkan pengumuman bahwa 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021. Maka, anda bisa mengikuti jadwal imsakiyah sesuai keinginan dan keyakinan.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Makassar dan Sekitarnya 1442 H
pexels.com

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Makassar Tahun Ini

Puasa Ramadhan yang akan kita jalani ini bisa menyesuaikan jadwal dari masing-masing, baik Muhammadiyah, NU, atau dari pemerintah.

Ibadah yang kita laksanakan 1 tahun sekali ini hukumnya wajib bagi yang sudah baligh. Jadwal imsak hari pertama jatuh pada pukul 04:38.

Masuk waktu subuh pukul 04:48, dengan terbit matahari kurang lebih pukul 06:00. Lalu waktu dhuha 06:27.

Dengan mengetahui banyak informasi mengenai bulan suci, khususnya puasa Ramadan 1442 H nantinya, akan menambah manfaat tersendiri. Tentu saja, sebagai penyempurna puasa wajib tersebut.

Puasa Ramadhan

Jadwal Imsakiyah Ramadhan kota Makassar ini akan memudahkan anda mempersiapkan diri. Ibadah pada  bulan suci yang lebih siap dari sebelumnya.

Puasa Ramadhan ini merupakan ibadah yang hanya dilaksanakan satu bulan. Satu kali dalam satu tahun dengan jumlah 29-30 hari penuh.

Puasa ini akan menghapus dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan selama ini. Maka berlomba-lomba dalam kebaikan dan beribadah pada bulan penuh rahmat ini sangat dianjurkan.

Sedangkan, dengan menjalankan ibadah ini akan membuat kita terhindar dari api neraka. Juga banyak keutamaannya.

Syarat Sah Berpuasa

Muslim, memiliki keyakinan terhadap Islam. Tidak menyekutukan Allah SWT dan melaksanakan perintah serta menjauhi larangan-Nya.

Syarat baligh, bila perempuan sudah menstruasi. Kemudian suci, salah satu syarat berpuasa ini juga penting. Misalnya, wanita yang sedang haid atau menstruasi akan dilarang berpuasa terlebih dahulu.

Berakal, apabila kondisi seseorang muslim tidak stabil mentalnya, maka ia tidak berkewajiban menjalankan puasa. Syarat lainnya adalah mampu, baik secara batin maupun fisik.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan kota Makassar ini akan membantu anda mempersiapkan puasa tahun ini. Berniat puasa menjadi penting saat menjalankannya. Niat dari dalam hati secara tulus dan mengucapkannya.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Menjalankan ibadah puasa juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini juga dijelaskan oleh banyak tenaga medis.

Tidak hanya sehat secara rohani, namun juga jasmani. Ketika seseorang dalam keadaan berpuasa tubuh ini akan melakukan proses detoksifikasi.

Apa itu detoksifikasi? Hal ini adalah proses tubuh secara alami untuk mengeluarkan zat atau racun yang tidak berguna bagi tubuh. Maka tidak heran dalam praktik nyata kedokteran, sering berpuasa saat pasien akan menjalankan suatu operasi.

Sistem kekebalan dan sel-sel dalam tubuh kita juga otomatis beregenerasi. Bahkan lebih baik dalam kondisi berpuasa.

Berpengaruh Pada Psikis

Secara tidak langsung puasa juga melatih kita untuk mengontrol diri. Emosi yang tidak terkontrol pada hari biasa akan lebih teratur saat berpuasa.

Begitu banyak manfaat bagi tubuh, bukan? Semua ibadah dan anjuran yang Allah SWT turunkan mempunyai alasan untuk kita laksanakan.

Selain sebagai bentuk ketaqwaan, juga menjaga kesehatan jiwa dan raga. Jadwal Imsakiyah Ramadhan kota Makassar dan sekitarnya tahun 1442 H ini sebaiknya segera anda siapkan, guna melancarkan ibadah bulan suci. Semoga lancar sampai hari kemenangan dan dapat membantu anda!