Jadwal Imsakiyah Kota Surakarta Tahun 1422 H dan Sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Kota Surakarta Tahun 1422 H dan Sekitarnya

Seluruh muslim di Indonesia sudah tinggal menghitung hari untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tak heran bila berbagai persiapan harus dilengkapi. Kini jadwal imsakiyah Kota Surakarta bisa anda temukan dengan mudah.

Karena PP Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada 13 April 2021, maka saatnya untuk membenamkan hati melaksanakan ibadah wajib umat muslim. Adapun jadwal yang harus dilihat di awal bulan Ramadhan 1442 H.

Jadwal Imsakiyah Kota Surakarta Tahun 1422 H dan Sekitarnya
pexels.com

Jadwal Imsakiyah Kota Surakarta 1 Ramadhan 1442 H

IMSAK 04:13 wib

SUBUH 04:23 wib

TERBIT 05:36 wib

DHUHA 06:03 wib

DZUHUR 11:41 wib

ASAR 14:59 wib

MAGRIB 17:39 wib

ISYA’ 18:48 wib

Hal yang Harus Dihindari Saat Berpuasa

Puasa Ramadhan merupakan suatu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Semuanya diharuskan menahan diri dari nafsu duniawi dan membantu melatih kesabaran. Puasa juga dilarang untuk makan serta minum dengan sengaja mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Namun, masih banyak lagi larangan yang harus anda hindari agar puasa bisa sah hingga berbuka. Berikut adalah hal yang harus anda hindari agar tidak membatalkan puasa:

Makan dan Minum dengan Sengaja

Sudah pasti pada saat berpuasa dilarang untuk makan dan minum dengan sengaja. Makan dan minum hanya diperbolehkan ketika seseorang melaksanakan sahur atau setelah berbuka. Namun, jika tidak sengaja makan atau minum, maka segera keluarkan kembali agar puasa tidak batal.

Haid dan Nifas

Para wanita pasti sudah mengetahui bahwa haid dan nifas bisa membatalkan puasa, Siklus haid ini terjadi karena rahim tidak mengalami kehamilan. Sehingga bagian endometrium wanita meluruh secara alami.

Sedangkan nifas adalah kondisi darah yang keluar dari rahim karena proses melahirkan atau setelah melahirkan. Biasanya darah akan keluar setelah 40 hari selama masa melahirkan. Jika sudah mengalami kedua hal ini, seorang wanita dilarang berpuasa.

Emosi Berlebih

Orang yang sedang berpuasa tidak boleh mengalami emosi yang berlebih. Selain menahan rasa lapar, seorang yang berpuasa juga harus bisa menahan amarah. Baik emosi yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak.

Emosi yang berlebihan saat berpuasa bisa saja menyebabkan batal. Terlebih jika emosi tersebut hingga memicu untuk berkata kotor dan menyakiti orang lain.

Berhubungan Seksual

Seseorang yang menjalankan ibadah puasa alangkah baiknya untuk menahan nafsu duniawi. Salah satunya adalah berhubungan seksual. Bagi pasangan yang ingin melakukannya, akan lebih baik setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit.

Hal ini bertujuan menghindari dari batalnya puasa karena nafsu semata. Usahakan untuk bisa menahan semuanya agar puasa berjalan dengan lancar.

Fungsi Jadwal Imsakiyah

Ternyata jadwal imsakiyah Kota Surakarta memiliki berbagai fungsi tertentu. Terutama bagi anda yang benar-benar sibuk dengan aktivitas atau pekerjaan.

Dengan adanya jadwal imsakiyah bisa mengatur kapan saatnya anda sahur. Sehingga jadwal anda tidak akan terbengkalai karena adanya kesibukan. Hal ini biasanya sangat diperlukan bagi mereka yang bekerja dengan shift.

Dengan adanya jadwal tersebut, seseorang bisa dengan mudah untuk mengetahui kapan tiba saatnya berhenti sahur. Sehingga tidak akan terlambat atau melebihi batas waktu diperbolehkannya sahur.

Nah, itulah jadwal imsakiyah kota Surakarta yang bisa anda jadikan panduan dalam menjalankan ibadah puasa. Sehingga bisa berjalan dengan rasa ikhlas dan sabar.