Lowongan CPNS 2018 SMA Terbuka di Lembaga Ini

Business photo created by katemangostar – www.freepik.com

Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 untuk SMA dan SMK yang akan mendaftar, berikut ada 4 kementerian yang membuka lowongan bagi CPNS 2018 untuk SMA dan SMK.

Dalam 4 kementerian ini ada termasuk Kemenkumham dan Kejaksaan. Diketahui, Kemenkumham sendiri membuka 2.000 formasi untuk lulusan SMA / SMK sederajat. Untuk kalian yang ingin mendaftar pada salah satu kementerian ini, simak syarat khususnya:

Kementerian Hukum dan Ham atau Kemenkumham

Ada 2000 formasi yang ditawarkan oleh Kemenkumham untuk peserta CPNS lulusan SMA/SMK sederajat yang terbagi atas, 211 wanita, 633 pria, putra putri Papua wanita berjumlah 8 orang, dan putra putri pria sebanyak 26 orang. Jika ingin mendaftar di Kemenkumham ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

Badan SAR Nasional atau BASARNAS

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun.
  2. Untuk pelamar penjaga tahanan, memiliki tinggi badan minimal 160cm bagi pria dan 155cm bagi wanita.
  3. Nilai minimal pada ijazah yaitu 7,0
  4. Untuk pelamar kategori putra/putri Papua dan Papua Barat, memiliki nilai minimal pada ijazah yaitu 6,0 atau 60 atau skala 1 sampai 4 atau C.

Lowongan CPNS 2018 untuk SMA dan SMK, Basarnas membuka 176 formasi. Dari 176 formasi tersebut, 25 formasi dikhususkan untuk pelamar lulusan SMA/SMK Pelayaran Teknika. Syarat khusus yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Untuk CPNS lulusan SMA, sertakan fotokopi sertifikat keahlian sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan sebagai anak buah kapal (ABK) yang terdiri dari Juru Mudi, Juru Minyak, Kelasi, Masinis Kapal, maupun Mualim Kapal.
  2. Sedangkan untuk CPNS lulusan SMK Pelayaran Teknika yakni Markonis.

Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung menawarkan sebanyak 309 formasi untuk jabatan pengawal tahanan/narapidana dengan syarat khusus untuk lulusan SMA dan SMK sederajat:

  1. Berusia minimal tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar.
  2. Tidak buta warna, cacat fisik dan mental, dan memiliki berat tubuh ideal.
  3. Memiliki sertifikat keterampilan beladiri atau pelatihan satuan pengamanan.
  4. Memiliki nilai ijazah rata-rata 7,0
  5. Mampu mengoperasikan internet dan memiliki ijazah komputer program MS.Word.

Kementerian Sosial atau Kemensos

Ada sebanyak 210 formasi yang dibuka oleh Kementerian Sosial. 20 dari 210 formasi tersebut ditunjukkan bagi lulusan SMK Pekerjaan Sosial atau SMK Keperawatan Sosial.


Selain 4 kementerian yang telah disebutkan diatas, beberapa kementerian yang membuka lowongan bagi CPNS 2018 untuk SMA dan SMK adalah:

  1. Kementerian Perhubungan membuka 17 formasi
  2. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuka 2 formasi, yaitu sebanyak 2 orang untuk Teknisi Litkayasa Pemula bagi SMK Perkapalan dan SMK Seni dan Kriya 1 orang.
  3. Kementerian Kelautan dan Perikanan, 54 formasi