Syarat Pendaftaran CPNS 2018 untuk SMA dan SMK

Business photo created by katemangostar – www.freepik.com

Bagi kalian yang telah lulus SMA dan SMK dan ingin mendaftar CPNS. Ada beberapa syarat pendaftaran CPNS 2018 untuk SMA dan SMK yang harus kalian penuhi agar dapat melakukan proses pendaftaran dengan lancar dan lulus tahapan awal seleksi administrasi.

Sebelumnya, daftarkan diri kalian untuk mengikuti seleksi CPNS di website sscn.bkn.go.id. Syarat pendaftaran CPNS 2018 untuk SMA dan SMK adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar.
  3. Tidak punya catatan kriminal alias tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan.
  4. Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisisan Negara Republik Indonesia atau sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak sedang menjabat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisisan Negara Republik Indonesia atau siswa sekolah yang memiliki ikatan dinas dengan pemerintah.
  6. Nilai dalam ijazah minimal rata-rata 7,00
  7. Tidak sedang menjabat sebagai anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  8. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dipilih.
  9. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dipilih.
  10. Memiliki kelakuan yang baik.
  11. Tidak pernah memakai narkoba atau bebas dari narkoba.
  12. Bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau bahkan di Negara lain.

Selain yang disebutkan diatas, syarat pendaftaran CPNS 2018 untuk SMA dan SMK selanjutnya adalah sebagai berikut:

Lowongan CPNS 2018 untuk SMA dan SMK selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat surat pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak sedang terlibat dalam perkara pidana, tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan, dan tidak terlibat dalam kasus narkoba. Surat pernyataan tersebut diberi materai 6000.
  2. Setiap pelamar terlebih dahulu harus mendaftar di website sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kepala Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga (KK atau KSK). Pendaftaran tersebut guna mendapatkan user dan password.
  3. Semua dokumen atau berkas lamaran harus dimasukkan dalam map berwarna yang sesuai dengan tingkay kualifikasi pendidikan. Untuk lulusan SMA dan SMK atau sederajat memakai map berwarna biru.

Itulah syarat pendaftaran CPNS 2018 untuk SMA dan SMK yang harus kalian ikuti. Syarat tersebut harus kalian penuhi sebelum nantinya kalian memasuki tahap seleksi pertama yaitu seleksi administrasi.

Jika kalian lolos pada seleksi administrasi, kalian akan lanjut pada seleksi kompetensi dasar (SKD) dan kemudian seleksi kompetensi bidang (SKB).