Pantai Cemara Sewu Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Cemara Sewu Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kembali lagi ke Jogja, kota yang gak kalah kece sama kota-kota lainnya dalam hal wisata. Selain malioboro, parangtritis, goa pindul, dan masih banyak lagi yang sering kalian denger di Jogja, coretan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang objek wisata baru di Yogyakarta. Ya, objek wisata yang satu ini adalah objek wisata baru (walaupun gak baru-baru banget) yang masih sepi dan belum banyak terjamah, yaitu “Pantai Cemara Sewu”. Pantai yang satu ini terletak di Bantul, Yogyakarta.

Tepatnya, di jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul – Yogyakarta. Karena letaknya yang tidak jauh dengan pantai parangtritis, parangkusumo, dan gumuk pasir parang kusumo, pantai yang satu ini mudah sekali untuk ditemukan. Untuk sampai ke lokasi Pantai Cemara Sewu Bantul ini cukup mudah, kalian hanya perlu melewati Jalan Parangtritis, cukup lurus kedepan dan kalian akan menemukan gerbang yang mengarah ke Pantai Parangtritis, Parangkusumo, dll. Setelah melewati gerbang kalian bisa menanyakan lokasinya ke warga sekitar, atau mengikuti penunjuk jalan (kalau ada ya guys, waktu saya kesana saya tidak melihat adanya penunjuk jalan).

Sebelum memasuki area lokasi pantai, kalian akan dikenakan biaya masuk saat melewati gerbang sebesar Rp 5000.00,- / orang. Sedangkan untuk masuk ke Pantai Cemara Sewu sendiri kalian tidak perlu membayar tiket lagi, cukup membayar tarif parkir di area pantai sebesar Rp 3000.00,- untuk kendaraan bermotor roda dua, dan Rp 5000.00,- untuk kendaraan bermotor roda empat.

Di pantai Cemara Sewu ini selain terdapat keindahan pantai, sesuai namanya yakni terdapat begitu banyak pohon cemara di area pantai yang menghasilkan pemndangan indah, sejuk nan alami. Seperti halnya Pantai Goa Cemara yang terdapat banyak pohon cemara yang katanya untuk menahan abrasi air laut, di Pantai Cemara Sewu ini juga sama. Walaupun terlihat sama dalam sekilas, tentunya pemandangan yang tercipta tetap berbeda. Nilai plus di Pantai Cemara Sewu ini (menurut saya), belum banyaknya pengunjung yang datang kareana memang objek wisata yang satu ini masih tergolong baru. Mungkin bagi kalian yang sangat menyukai suasana tenang, tempat yang satu ini cocok untuk dicoba. Walaupun anginnya kencang seperti di pantai-pantai pada umumnya, itu tidak menghambat kita untuk tetap menikmati kenyamanan di pantai ini.

Sayangnya, pantai ini seperti pantai pantai di jogja kebanyakan. Pantai ini berpasir gelap alias hitam, bukan pasir putih layaknya pantai-pantai cantik yang menyebar di Indonesia. Dan air pantainyapun bukan yang jernih biru atau hijau seperti diharapkan banyak orang. Tetapi, walaupun tidak seindah pantai pasir putih dengan air biru bening seperti khayalan kebanyakan, pemandangan pohon cemara yang tersebar rata di area pantai ini tidak bisa dipungkiri.

Untuk fasilitas yang tersedia terbilang cukup memadai,  misalnya bagi anda yang ingin membersihkan diri setelah bermain-main dipantai disediakan kamar mandi serta toilet. Terdapat juga musholla untuk anda yang ingin menunaikan ibadah. Dan untuk penjual makananpun anda dapat menjumpainya hampir di sepanjang jalan. Ada juga fasilitas outbound yang seru jika anda bosan bermainmain dengan air.

Selain itu, kalian yang penyuka fotografi atau yang suka difoto atau hanya sekedar menikmati hembusan angin di  Pantai Cemara Sewu Bantul, tersedia juga beberapa spot foto yang cukup menarik. Kaian juga bisa tiduran di atas ayunan yang tersedia sambil menikmati angin dan pemandangan sekitar. Untuk yang membawa bekal makanan atau hanya sekedar mainum atau bahkan duduk-duduk juga tersedia tempat duduk single, gazebo, maupun tempat duduk bermeja untuk berkelompok.