Tugas Utama dan Tujuan BPUPKI yang Dibentuk Jepang

BPUPKI menjadi salah satu organisasi yang dibentuk secara langsung oleh pemerintah Jepang dengan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Namun, sebenarnya ada beberapa tujuan dari pembentukan BPUPKI ini yang saat ini diperhitungkan untuk bisa melihat bagaimana proses dari persiapan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Secara tidak langsung tujuan dari BPUPKI ini masih didukung langsung oleh pemerintah Jepang meskipun bangsa Indonesia sendiri menjadi salah satu negara jajahannya. Memang dari awal BPUPKI yang dibentuk oleh Pemerintah Jepang ini tidak sepenuhnya memberi kemerdekaan kepada Indonesia. Sehingga dari faktanya Jepang tidak segera melepaskan Indonesia begitu saja untuk bisa mencapai kemerdekaan.

Dilansir dari Kemendikbud.go.id memberi informasi bahwa pada akhir tahun 1944 Jepang sudah dalam kondisi terdesak karena Perang Asia Timur Raya dimana Jepang secara habis-habisan mendapat bombardir dari serangan sekutu hingga masuk ke ambang kekalahan.

Akhirnya pada 1 Maret 1945 dimana Letnan Jenderal Kumakici Harada, sebagai pimpinan pemerintah pendudukan Jepang di Jawa telah resmi mengumumkan pembentukan BPUPKI yang mana anggotanya mencapai 60 orang. Kemudian BPUPKI tersebut juga dibentuk dengan alasan ingin menyelidiki seperti apa hal penting dalam ruang lingkup untuk melihat pembentukan negara Indonesia merdeka.

Selain itu dari pengurus BPUPKI ini juga mengumumkan bahwa pada 29 April 1945 dengan komposisi Ketua Dokter K.R.T Radjiman Wediodiningrat, kemudian ketua muda pertama dijabat langsung oleh Shucokan Cirebon, Icibangase, kemudian dari Kepala Sekretariat masih dijabat oleh R.P Suroso dibantu dengan Toyohito Masuda dan Mr.A.G.Pringgodigdo.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat seperti apa tugas utama dari BPUPKI sejak pertama kali dibuat hingga memberi sejarah seperti apa perjuangan dalam mendapat kemerdekaan secara utuh dari Indonesia.

Tujuan Utama Dari BPUPKI

Bila melihat dari berbagai macam fungsinya tentu saja ada tujuan penting dari BPUPKI yang mana diperhitungkan dengan beberapa instrumen seperti berikut ini.

  1. Tujuan Utama Dari BPUPKI

Tujuan utama dari BPUPKI ini bisa dibentuk dengan memperlihatkan kajian utama dari poin apa saja yang diperhitungkan dari melihat seperti apa kepentingan dan juga sistem dari pemerintahan negara Indonesia pasca kemerdekaan.

Baca Juga:  Sejarah ASEAN dan Latar Belakangnya

Dari informasi ringkasnya tujuan dari BPUPKI ini mampu mempersiapkan proses dari kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi, dari pihak Jepang sendiri memiliki tafsiran berbeda dari tujuan BPUPKI ini yang manan masih dianggap sebagai janji manis untuk menarik hati rakyat Indonesia agar bisa membantu Jepang dalam perang melawan sekutu. Sehingga Jepang sendiri masih membuat BPUPKI agar nanitnya memberi janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia.

  1. Tugas Penting Dari BPUPKI

Secara teknisnya BPUPKI ini juga memiliki tugas utama yang mana bisa mempelajari dan menyelidiki hal menarik seputar hubungan dari politik, ekonomi, dan tata pemerintahan sampai aspek lainnya untuk bisa mencapai kemerdekaan Indonesia.

Selain itu tugas utama dari BPUPKI ini juga mengembang tugas penting diantaranya :

  • BPUPKI memiliki tugas penting salah satunya membahas seputar dasar negara setelah dijajah Jepang
  • Ketika pertama kali mengadakan sidang BPUPKI ini membentuk reses selama satu bulan.
  • Tugas dari BPUPKI ini juga membentuk Panitia Kecil ataupun Panitia Delapan yang mana fungsinya sendiri bisa menampung saran dan juga konsepsi di semua anggotanya.
  • Tugas utama BPUPKI sendiri bisa membantu panitia sembilan dengan panitia kecil.
  • Terakhir tugas utama dari BPUPKI ini adalah menghasilkan Piagam Jakarta dari pembentukan panitia sembilan.

Cukup banyak uraian dari tugas BPUPKI yang mana sampai saat ini masih diperhitungkan sebagai modal tepat untuk melihat bagaimana konsep pembentukan BPUPKI dengan semua tujuan utama dan fungsi tepatnya.