Apa yang Dimaksud dengan Mozaik? Berikut Pengertian dan Sejarahnya

Sudahkah Anda mendengar istilah mozaik? Lantas, apa yang dimaksud dengan mozaik? Silakan Anda simak penjelasannya, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian mozaik dan sejarahnya. Mari kita simak!

Grooming Sugar Glider

Istilah mozaik akan banyak ditemukan pada dunia arsitektur maupun dunia seni. Istilah ini dipakai untuk menjelaskan kepada orang-orang bagaimana suatu karya seni dibuat dari mulai apa saja bahan yang dibutuhkan, hingga bagaimana tahap penyusunannya. Istilah mozaik akan berkaitan dengan karya yang dibuat dari potongan-potongan benda dan disusun secara bertahap.

Pada penjelasan umum di atas, sudahkah tergambar dalam benak Anda apa yang dimaksud dengan mozaik? Agar Anda mengetahuinya lebih lanjut, mari kita ulas pada penjelasan di bawah ini mengenai pengertian mozaik, sejarahnya, dan contohnya!

Pengertian Mozaik

Mozaik merupakan suatu gambar yang tersusun atas bagian-bagian kecil suatu benda, yang secara tradisional merupakan ubin kecil yang terbuat dari potongan kaca, terakota, marmer atau keramik dan biasanya dilapisi dengan lantai dan dinding.

RajaBackLink.com

Pada pengertian yang lain, mozaik disebutkan sebagai seni penciptaan gambar yang tersusun dari kepingan-kepingan kecil benda yang berbahan batu, kaca, ataupun bahan lainnya. Mozaik adalah teknik seni untuk dekorasi dan merupakan aspek penting untuk dekorasi interior.

Sejarah Mozaik dan Contohnya

Sudah lebih dari lima ribu tahun, mozaik digunakan sebagai media dekoratif. Mozaik Islam merupakan sumber inspirasi dari kemunculan arsitek Catalan. Seni arsitek ini ditemukan oleh Antoni Gaudí pada abad ke-20.

Kemunculan arsitek Catalan tidak bisa dilepaskan dari kehadiran Mozaik Islam yang dibawa ke Spanyol oleh bangsa Moor pada abad ke-8.

Arsitek Catalan merupakan seni arsitek yang menyusun potongan-potongan ubin kaca pecah, dengan pecahan botol kaca dan piring porselen di atas dinding. Contoh seni arsitek Catalan dapat ditemukan di Taman Güell dan di beberapa bagian dari katedral Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol.

Mozaik turut berkembang dan populer di Meksiko. Seni Diego Rivera dan Juan O'Gorman adalah salah satu seni arsitektur yang populer di Meksiko.

Seni arsitektur tersebut menggunakan batu sebagai bahan yang dipilih pada mural mereka. Seni Diego Rivera dan Juan O'Gorman menjadi sangat populer di Meksiko karena didasarkan pada ide-ide sosialis dan juga bisa meninggikan warisan asli budaya Meksiko.

Boris Anrep, seorang seniman muda asal Rusia yang telah menetap di Inggris pasca Perang Dunia ke-2, pada tahun 1921 ditugaskan untuk merancang ulang lantai galeri II di Gate Britanian yang telah rusak karena serangan bom selama perang.

Boris melakukan perancangan ulang lantai itu didasarkan atas peribahasa yang dibuat oleh William Blake. Ia merancang ulang lantai untuk galeri II di Gate Britanian dengan menggunakan konsep mozaik.

Pada tahun 1970, gaya mozaik kembali populer di Inggris. Hal itu bermula ketika seniman di Inggris pada saat itu mulai kembali menemukan teknik berbasis kerajinan.

Salah satu contoh mozaik yang dapat ditemukan di Inggris adalah mozaik ubin karya dari Mat Collishaw, seniman inggris. Ia membuat gambar mozaik dari ubin keramik yang memperlihatkan potret wajah seorang wanita. Sumber karyanya tersebut adalah berasal dari internet.

Mat Collishaw kemudian membuat rancangan mozaik dengan bahan ubin yang dipilihnya adalah keramik. Ubin keramik yang dibuatnya itu kemudian disusun sedemikian rupa sesuai dengan foto yang telah ditemukannya dari internet. Foto tersebut adalah hasil jepretan kasar potret wajah seorang wanita.

Sampai di sini, Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan mozaik? Ya, Anda bisa langsung mencarinya di internet apa saja contoh-contoh lainnya karya yang dibuat dengan teknik mozaik.

Sampai saat ini, telah beragam jenis hasil karya yang muncul dengan menggunakan prinsip mozaik. Hal itu dapat Anda temukan pula di Indonesia.

Demikian, penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan mozaik, sejarah mozaik, dan apa saja contohnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

***

Sumber Foto: Pixabay/Pexels