Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh

Lompat jauh salah satu cabang olahraga atletik yang memakai kecepatan, kelincahan, serta kekuatan buat melemparkan segala badannya dari papan tolakan. Berikut ini metode mendarat yang benar dalam lompat jauh. Dikenal, gerakan lompat jauh ini dibagi jadi 4 bagian, ialah: awalan, tolakan, sikap melayang, dan pendaratan. Tiap-tiap gerakan pengaruhi pencapaian atlet lompat jauh dikala mendapatkan giliran di lintasan. Supaya dapat mendarat serta mencetak jarak sepanjang bisa jadi dikala melaksanakan lompatan, pastinya atlet lompat jauh wajib memakai metode pendaratan yang baik serta benar. Metode mendarat yang benar dalam lompat jauh mengutip dari BrianMac Sports Coach ialah terletak pada penyeimbang badan seseorang pelompat kala tiba titik pendaratan pada zona sandbox.

A. Cara Pendaratan Lompat Jauh

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh ialah dikala posisi tumit ataupun kaki fokus sejajar, serta melompat sepanjang bisa jadi dari zona titik tolakan. Ada pula metode pendaratan yang benar dikala melaksanakan lompatan ialah posisi kedua kaki lurus, kemudian dorong telapak kaki serta tumit ke arah depan hingga pinggul terangkat. Metode semacam ini membantu badan supaya condong ke depan sejalan dengan laju sang pelompat, yang mana teknis ini cuma bisa dicoba dikala posisi sang pelompat telah di zona sandbox. Dianjurkan posisi badan yang condong ke arah depan dicoba dikala mendarat. Karena, bila sang pelompat tiba zona sandbox dengan posisi badan ke balik dari titik lompatan, kesempatan sang pelompat mencetak jarak lompatan terjauh cenderung kecil. Misalnya, jauh bila tangan sang pelompat jatuh ke arah balik dikala melaksanakan pendaratan, itu maksudnya dihitung mulai dari titik tolakan sampai titik terjatuhnya tangan sang pelompat. Oleh sebab itu, metode mendarat lompat jauh di zona sandbox dikala melalukan lompat jauh wajib seragam, walaupun memakai style awalan serta style melayang yang berbeda. Nah, supaya sang pelompat bisa melaksanakan metode pendaratan dengan maksimal, dianjurkan supaya teratur melaksanakan latihan penyeimbang. Tidak hanya itu, melatih kekuatan otot badan bagian dasar (otot perut, pinggang, serta kaki) juga penting.

Baca Juga:  Profil Negara ASEAN dari Indonesia hingga Kamboja

B. Teknik dasar untuk melakukan lompat jauh

1. Fase awalan (run up)

Awalan dimulai dengan lari sprint mengarah papan lepas landas, kecuali pada 2 langkah terakhir. Atlet lompat jauh mempunyai lintasan buat melaksanakan awalan selama 40 m. Jarak ini efisien buat membangun kecepatan serta momentum saat sebelum melakukan lompatan.

2. Fase lepas landas (take off)

Sehabis melakukan 2 langkah terakhir, selanjutnya seseorang atlet hendak melakukan fase lepas landas. Salah satu kaki di permukaan tanah buat menopang tubuh serta melaksanakan tolakan. Hasilnya, gerakan ini akan membuat tubuh mampu mencapai ketinggian tertentu agar bisa terbang lebih lama dan lebih jauh saat di udara. Pastikan kaki menapak rata pada tanah buat mencapai tolakan yang maksimal.

3. Fase melayang (flight)

Ketika sudah mengudara, atlet mempunyai sedikit kendali terpaut arah serta pendaratan. Tetapi, terdapat langkah-langkah sepanjang fase melayang yang berperan buat mengoptimalkan jarak lompatan. Style melayang ini sangat memerlukan kecepatan serta fleksibilitas badan

4. Fase mendarat (landing)

Tiap inci pendaratan sangat berarti, sehingga yakinkan melaksanakan metode pendaratan yang benar di bak pasir supaya tidak mempengaruhi jarak lompatan. Buat membenarkan pendaratan menggapai jarak maksimum, seseorang atlet dapat melaksanakan sebagian manuver dikala mendarat. Atlet umumnya hendak fokus buat melindungi kaki terletak di depan tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh, semoga Kalian dapat lebih memahami dan tidak salah perbuatannya.