Cara dan Syarat Membuka Rekening Bank

Business vector created by freepik – www.freepik.com

Biasanya, kita diharuskan memiliki rekening bank untuk mempermudah melakukan transaksi. Dijaman yang serba canggih ini, banyak outlet toko yang melakukan pembayaran tanpa uang cash. Lalu, bagaimana cara membuka rekening bank supaya dapat dengan mudah melakukan transaksi? Artikel ini akan menjelaskan cara dan syarat membuka rekening bank.

Bank Central Asia (BCA) dan Mandiri merupakan bank swasta terbesar yang ada di Indonesia dan menjadi bank yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sementara Bank Negara Indonesia (BNI), merupakan salah satu bank milik pemerintah yang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Umumnya, membuka rekening bank memiliki cara dan syarat yang hampir sama. Begitu juga dengan cara membuka rekening bank BCA, Mandiri dan BNI yang akan dijelaskan dibawah ini. Untuk persyaratannya, Anda diharuskan mempersiapkan beberapa hal yang harus dibawa, yaitu:

  1. Kartu identitas asli (KTP/SIM)
  2. Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  3. Uang setoran awal minimum Rp500.000,00 (Atau bisa berbeda tergantung pada jenis rekening yang Anda pilih)
  4. Sejumlah uang untuk materai, buku tabungan, dan kartu ATM.

Setelah semua syarat tersebut Anda penuhi, lalu cara membuka rekening bank adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabang bank terdekat membawa semua persyaratan yang disebutkan di atas.
  2. Setelah sampai di bank, biasanya Anda akan ditanyai oleh petugas tentang keperluan Anda dan sampaikan jika Anda ingin membuat rekening baru. Biasanya, Anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu dan menunggu sampai giliran Anda tiba.
  3. Ketika giliran Anda sudah tiba, Anda bisa menemui petugas dan sampaikan tujuan Anda yaitu ingin membuka rekening baru. Biasanya, Anda akan menemui customer service untuk membuka rekening baru.
  4. Setelah Anda menyampaikan tujuan Anda, petugas customer service akan menanyakan apakah Anda membawa dokumen yang menjadi syarat dan cara membuka rekening, lalu serahkan dokumen tersebut agar petugas bisa memeriksanya.
  5. Petugas juga akan menanyakan rekening apa yang akan Anda buka karena banyak jenis rekening dari suatu bank. Tentukan rekening seperti apa yang ingin Anda buka atau konsultasikan kepada petugas jika Anda belum mengetahui rekening seperti apa yang ingin Anda buka.
  6. Setelah menentukan jenis rekening, Anda diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran dan serahkan kartu identitas Anda kepada petugas untuk difotokopi.
  7. Setelah mengisi formulir, Anda akan diarahkan ke petugas lain untuk menyerahkan setoran awal sebesar Rp. 500.000 atau berbeda tergantung pada jenis rekening yang Anda pilih. Biasanya hal ini akan dilakukan oleh petugas teller.
  8. Jika sudah, Anda akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM yang harus Anda tanda tangani.

Seperti itulah cara membuka rekening untuk bank BCA, Mandiri dan BNI. Semoga bermanfaat.