Cara Memegang Raket Bulutangkis yang Benar Lengkap dengan Teknik Forehand dan Backhand

Untuk yang suka bermain bulutangkis, raket dan kok, sudah menjadi dua benda yang tak asing lagi. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara memegang raket bulutangkis yang benar?

Grooming Sugar Glider

Bagi seorang pemain bulutangkis profesional, ia mesti terlebih dahulu mengenal bagaimana teknik memegang raket yang tepat agar ia bisa menorehkan poin dalam permainannya. Ada dua teknik yang sudah dikenal banyak orang dalam olahraga bulutangkis, itu adalah teknik Forehand dan teknik Backhand.

Walaupun terlihat seperti mudah, jika Anda memegang raket bulutangkis secara tidak benar saat bermain, maka itu akan merugikan diri Anda sendiri. Hal yang paling buruk adalah bisa menyebabkan cedera saat bermain.

Cara memegang raket bulutangkis secara umum adalah dilakukan dengan cara mencengkram pegangan raket di saat akan membuat pukulan shuttlecock (bola bulutangkis melaju sesuai tujuan).

RajaBackLink.com

Grip adalah sebutan untuk cara memegang raket bulutangkis. Cara paling dasar yang mesti dipahami dalam memegang raket bulutangkis adalah teknik forehand dan teknik backhand.

Adapun sebutan untuk teknik forehand dan teknik backhand yang dilakukan secara bersamaan, maka itu disebut combination.

Supaya kita bisa lebih mengetahui apa itu teknik forehand dan teknik backhand, silakan disimak penjelasan di bawah ini.

1. Teknik Forehand Grip

Pada umumnya, teknik Forehand Grip dilakukan untuk membuat pukulan overhead. Teknik ini digunakan untuk mengembalikan tembakan dari lawan, yang datang ke sisi forhead tubuh ataupun ke sekitar kepala.
Sudahkah Anda mengetahui cara melakukan teknik ini?

Silakan disimak, berikut adalah cara melakukan Forehand Grip yang benar saat bermain bulutangkis:

  1. Silakan Anda pegang raket bulutangkis yang ada, baik menggunakan tangan kiri ataupun tangan kanan, dengan posisi kepala raket tersebut menyamping.
  2. Anda harus memegang raket yang ada itu di posisi cara seperti berjabat tangan.
    Bentuk “V” akan terbentuk dari tangan diletakkan pada bagian gagang raket itu. Silakan ketiga jari sisanya itu, yaitu jari tengah, jari manis dan jari kelingking tetap di posisi rapat menggenggam raket, sedangkan untuk jari telunjuk agak menjarak dengan ketiga jari itu saat menggenggam raket bulutangkis.
  3. Silakan diletakkan ibu jari Anda itu di antara tiga jari dan telunjuk.

2. Teknik Backhand Grip

Backhand Grip pada umumnya digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi punggung tubuh kita. Kekuatan pada Backhand Grip terletak pada dorongan ibu jari, karena teknik ini berfokus pada posisi ibu jari.

Cara melakukan Backhand Grip saat bermain bulutangkis adalah sebagai berikut:

  1. Peganglah oleh Anda raket bulutangkis seperti pada pegangan Forehand.
  2. Kemudian, silakan putar raket bulutangkis itu berlawanan arah jarum jam, sehingga terbentuk huruf 'V' yang bergerak ke kiri.
  3. Lalu, tempatkanlah ibu jari Anda pada posisi belakang pegangan untuk pengungkitan dan kekuatan bisa Anda keluarkan adalah yang lebih besar saat mengembalikan tembakan lawan. Pegangan raket juga harus diletakkan dengan longgar di jari-jari Anda.

3. Teknik Combination Grip

Combination Grip umumnya digunakan oleh seorang profesional, pasalnya pegangan ini merupakan teknik penyesuaian dengan arah datangnya shuttlecok.

Cara melakukan Combination Grip saat bermain bulutangkis adalah sebagai berikut:

  1. Peganglah raket bulutangkis yang Anda gunakan dalam permainan bulutangkis dalam posisi miring.
  2. Silakan letakkan jari telunjuk Anda pada posisi depan dengan menghadapkannya ke ujung raket. Posisi ibu jari itu merangkul tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lainnya ditekuk di bawah tangkai raket.

Itulah cara memegang raket bulutangkis yang benar, lengkap dengan teknik Forehand dan teknik Backhand. Anda kini bisa mempraktikannya secara langsung dalam permainan bulutangkis.

Rajinlah berlatih memegang raket bulutangkis agar Anda bisa lebih cepat dan lebih mudah untuk bisa melakukan kedua teknik tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

***

Sumber Foto: Pixabay/anncapictures