Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

Saat sedang sakit, cukup banyak orang yang mengeluhkan rasa makanan yang dikonsumsinya berubah menjadi pahit. Atau, makanan-makanan yang umum dikonsumsi ternyata menyisakan rasa pahit setelah habis dilahap. Dua hal ini agaknya cukup mudah untuk diatasi. Hal ini disebabkan, rasa pahit yang muncul di dalam mulut dapat terjadi lantaran adanya perubahan pada indra pengecap. Lantas, bagaimanakah cara yang efektif untuk menghilangkan rasa pahit di mulut? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya lewat ulasan singkat berikut ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan melalui Jurnal Brain, Behavior, and Immunity menyatakan bahwasanya saat seseorang sedang sakit, ada kadar protein tertentu yang meningkat secara signifikan di dalam tubuh. Nah, peningkatan protein ini lebih sering disebut sebagai TNF-a dalam dunia medis, sekaligus menjadi penyebab atas mulut yang terasa pahit saat sedang sakit.

Selain itu, mulut yang terasa pahit juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada gigi dan rongga mulut, ketidakseimbangan hormon, hingga gangguan pada sistem penceranaan. Walaupun demikian, hal ini bisa diatasi dengan beberapa langkah berikut yang diyakini ampuh hilangkan rasa pahit di mulut.

1. Lebih Banyak Konsumsi Air Putih

Cara paling sederhana untuk menghilangkan rasa pahit yang timbul di mulut ialah dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. Menurut Cleveland Clinic, saat sedang sakit seseorang butuh konsumsi cairan paling sedikit 6 sampai 8 gelas air putih setiap harinya. Untuk menjadi catatan, kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat mulut terasa lebih pahit. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengatur waktu minum air putih, baik sebelum maupun setelah makan.

2. Mencegah Timbulnya Penyakit Asam Lambung

Konon katanya, asam lambung dapat memperparah rasa pahit yang timbul di dalam mulut. Guna menghindari asam lambung parah, Anda dapat mencoba mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Adapun hal mendasar yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko asam lambung ialah menjaga berat badan supaya otot perut dapat bekerja dengan optimal. Disamping itu, Anda juga bisa mengatur pola makan dengan memperbanyak serat dari sayuran dan menghindari makanan-makanan dengan cita rasa manis secara berlebihan.

Baca Juga:  Cara Mengecek Resi Lazada

3. Berhenti Merokok

Tidak hanya akan membuat mulut terasa lebih pahit, merokok juga bisa menyebabkan penyakit kronis seperti halnya kanker, serangan jantung, hingga stroke. Apabila sampai detik ini Anda masih sering merokok di segala situasi, cobalah untuk mengurangi atau menghentikannya demi menjaga kesehatan tubuh.

Caranya adalah Anda dapat mengalihkan kegiatan merokok dengan hal yang lebih produktif dan positif seperti berkebun. Jikapun masih terasa sulit untuk lepas dari jeratan rokok, Anda dapat mencoba mengikuti program berhenti merokok yang biasa diselenggarakan oleh sejumlah puskesmas atau dokter tertentu.

4. Rutin Menyikat Gigi

Selanjutnya, cara efektif untuk menghilangkan rasa pahit di dalam rongga mulut adalah rutin menyikat gigi. Pastikan untuk menyikat gigi secara berkala dengan langkah yang benar setiap akan tidur dan akan mulai beraktivitas. Jika dibutuhkan, Anda dapat menggunakan cairan pencuci mulut untuk menyegarkan mulut. Sebagai tambahan catatan, rutin menggosok gigi tidak hanya akan menghilangkan rasa pahit, namun juga menjaga gigi dan gusi tetap sehat dan kuat.

5. Mengunyah Permen

Untuk cara yang lebih sederhana dan cepat, Anda bisa mencoba mengunyah permen untuk mengusir rasa pahit dalam mulut. Jika takut gigi akan berlubang atau kandungan gula dalam darah meningkat drastis akibat makan permen, Anda dapat memilih produk permen bebas gula supaya asupannya tetap seimbang.

Demikianlah beberapa cara praktis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit dalam mulut.

 

Sumber gambar: iStock Free Image