Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Malang Tahun 2021/1442 Hijriah

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Malang Tahun 2021/1442 Hijriah

Jadwal imsakiyah Ramadhan Kota Malang tahun ini sebaiknya segera anda persiapkan. Hal ini akan membantu anda menjalani ibadah dengan lebih tenang.

Masih sama seperti tahun lalu, dengan pandemi yang terjadi ini mengharuskan kita tetap mematuhi protokol Covid-19. Oleh karena itu, sebaiknya kita mempersiapkan kemenangan ini secara jauh hari.

Mengenai waktu sholat yang akan menjadi acuan anda, juga waktu imsak bulan suci ini, sebaiknya kita memanfaatkan waktu beribadah dengan lebih baik.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Malang Tahun 2021/1442 Hijriah
pexels.com

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kota Malang 1442 H

Untuk menentukan jadwal imsak ini, sebaiknya kita mengetahui apa itu imsak? Nah, imsak sendiri merupakan waktu yang digunakan untuk peringatan waktu masuknya waktu subuh dan dimulainya waktu berpuasa.

Oleh karena itu, sebaiknya apabila kita melakukan sahur, kita memperhitungkan jam berapa masuk waktu imsak. Agar kita tidak mengulur-ulur atau memperlama,tergesa-gesa waktu melakukan sahur.

Hukum Makan Saat Imsak

Pentingnya mengetahui jadwal imsakiyah Ramadhan kota Malang akan membuat anda mudah. Sahur dengan kelonggaran waktu dan tidak tergesa-gesa.

Jadi, bagaimana hukum makan saat sudah memasuki waktu imsak? Jawabannya tidak apa-apa, asalkan berhenti saat mendengar adzan subuh.

Hal ini karena saat subuh, maka dimulainya waktu berpuasa sampai tenggelamnya matahari. Maka dari itu, sebaiknya kita mengetahui jadwal imsakiyah untuk rambu-rambu.

Anggap saja sudah memasuki rambu kuning agar menyegerakan sahur. Namun memang menjadi sunnah apabila kita melaksanakan sahur di saat mendekati jam imsak.

1 Ramadhan 1442 H

Penentuan hari pertama berpuasa akan mengikuti dua cara. Melalui pemerintah, dengan sidang Isbat pada tanggal 12 April 2021 yang dapat kita lihat melalui saluran televisi.

Sedangkan perhitungan PP Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H akan jatuh pada Selasa 13 April 2021. Lalu 1 Syawal akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Maka anda dapat menyesuaikan sesuai dengan ketentuan yang anda ikuti. Dengan hal inilah, maka dapat kita laksanakan menyambut bulan suci yang tinggal menghitung hari lagi.

Jadwal imsakiyah Ramadhan Kota Malang, apabila mengikuti jadwal yang jatuh pada 13 April 2021, maka anda akan menggunakan acuan dibawah ini.

Selasa, 13 April 2021

Jadwal imsakiyah ramadhan Kota Malang pada 1 Ramadhan 1442 H, berada pada pukul 04:05. Sedangkan akan memasuki waktu subuh pukul 04:15, perbedaan antara imsak dengan subuh kurang lebih 10 menit.

Dengan jam terbit matahari kurang lebih pukul 05:29. Maka waktu sholat subuh kita berakhir pada jam tersebut.

Sedangkan waktu dhuha akan masuk pukul 05:53 hingga sebelum memasuki waktu dzuhur. Waktu dzuhur pukul 11.32. Waktu ashar pukul 14:51, magrib pukul 17:30, dan waktu isya 18:40.

Untuk anda yang ingin melihat jadwal secara lengkap dapat melalui website resmi NU, Muhammadiyah, dan forum agama lainnya. Semua akan menyesuaikan daerah tempat tinggal masing-masing. Pembagian waktu di Indonesia juga sedikit banyak membuat adanya perbedaan lama waktu berpuasa.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Dengan mengamalkan ibadah sebaik-baiknya, juga apabila mempunyai hutang puasa tahun lalu sebaiknya sudah menggantinya jauh hari sebelum Ramadhan.

Hal ini juga akan membuat kita fokus menjalani ibadah dan meraih kemenangan secara bersama. Mengenai mudik yang tidak diperbolehkan karena kondisi pandemi, membuat kita mandiri mempersiapkan kemenangan ini.

Jadwal imsakiyah Kota Malang dan sekitarnya sudah siap. Tak terkecuali berbagai daerah lain di Indonesia yang juga menjalankan ibadah ini. Semoga kita bertemu sampai saat kemenangan tiba, 1 Syawal 1442 H. Semoga diberi kelancaran dan berkah di bulan yang suci ini.