Jadwal Imsakiyah Kota Balikpapan dan Sekitarnya Tahun 1442 Hijriah

Jadwal Imsakiyah Kota Balikpapan dan Sekitarnya Tahun 1442 Hijriah

Bagi anda yang tinggal di kawasan Kota Balikpapan tidak perlu ragu lagi untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2021. Kini sudah ada jadwal imsakiyah kota Balikpapan yang anda jadikan panduan sehari-hari. Sudah dilengkapi dengan waktu sholat Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Jadwal Imsakiyah Kota Balikpapan dan Sekitarnya Tahun 1442 Hijriah
pexels.com

Jadwal Imsakiyah Kota Balikpapan dan Sekitarnya

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim. Terutama bagi mereka yang sudah memenuhi syarat dan baligh. Jadwal Imsak pada 1 Ramadhan 1442 Hijriah

Imsak: 04:35 WITA

Subuh: 04:45 WITA

Dzuhur: 12:06 WITA

Ashar: 15:21 WITA

Magrib dan buka puasa: 18:08 WITA

Isya: 19.17 WITA

Adab Berbuka Puasa

Perlu diketahui bahwa menjalankan ibadah puasa hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang sudah memenuhi syarat. Puasa adalah menahan segala sesuatu hingga terbenamnya matahari. Jika sudah masuk waktu buka puasa ada berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Adab berbuka puasa yang baik adalah dengan memperhatikan tuntunan Rasulullah SAW. Waktu berbuka puasa terbilang cukup istimewa, karena seharian sudah menahan lapar, haus, dan segala larangannya. Namun, agar puasa membawa keberkahan maka dianjurkan berbuka dengan adab sebagai berikut:

Menyegerakan Berbuka Puasa

Setelah mengetahui jadwal imsakiyah kota Balikpapan pasti juga melihat waktu berbuka puasa. Jika sudah tiba waktunya, maka dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Setiap orang yang dengan segera berbuka puasa maka akan senantiasa dalam kebaikan.

Akan lebih baik jika seseorang membatalkan puasa terlebih dahulu daripada melakukan aktivitas lainnya. Walaupun belum makan berat atau yang lainnya paling tidak puasanya sudah terbilang selesai di hari itu.

Berbuka dengan Buah Kurma Segar

Agar berbuka sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW adalah mengonsumsi buah ruthab atau kurma segar. Jika tidak ada buah yang dimaksud, maka bisa diganti dengan butir tamr atau kurma kering. Apabila pilihan kedua masih belum ada, maka bisa dengan teguk air putih.

Kurang tepat jika anda mendahulukan makanan atau minuman lainnya selain air putih. Hal ini bukan dilarang, hanya saja kurang meneladani sang Rasul yang agung.

Membaca Doa Berbuka Puasa

Dengan melihat jadwal imsakiyah kota Balikpapan pasti akan terlihat pula tiba masuknya buka puasa. Akan lebih baik jika sudah menghafal doa berbuka puasa. Ketika tiba waktunya bisa langsung dibaca dengan ikhlas.

Makanan dan minuman yang membatalkan puasa akan dianggap sebagai pahala yang berlimpah. Dengan begitu baru bisa mencicipi hidangan lain secukupnya. Karena sesuatu yang berlebih kurang baik bagi diri seseorang.

Doa yang dibacakan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada patokan tertentu yang mengatur anda saat membaca doa berbuka puasa. Namun, sewajarnya saja karena berdoa adalah memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Memperbanyak Baca Doa Saat Berbuka Puasa

Karena waktu berbuka sudah terpampang di jadwal Imsakiyah kota Balikpapan, maka anda harus mencermatinya secara detail. Jika sudah masuk waktu berbuka, sebaiknya memperbanyak bacaan doa. Ada beberapa doa yang pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa tersebut jika dilantunkan oleh mereka yang berpuasa hingga berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang terzhalimi. Namun, dalam membacakan doa alangkah baiknya dilakukan dengan ikhlas dan merendahkan jiwa.

Urutan Berbuka Puasa yang Baik

Ada beberapa urutan berbuka yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Berikut adalah urutan tersebut:

1. Memperbanyak bacaan doa saat sebelum waktu Maghrib

2. Membaca basmalah dan makan kurma atau air putih untuk membatalkan puasa

3. Membaca doa dzahabazh zhoma’u

4. Melanjutkan makan dan minum yang lainnya

5. Memperbanyak bacaan doa antara adzan dan iqomah

6. Melaksanakan shalat maghrib

Nah, itulah jadwal imsakiyah kota Balikpapan 2021 dan beberapa adab berbuka puasa. Pastikan bahwa anda melakukan ibadah dengan hati yang ikhlas.