Jenis-jenis Penelitian

Setiap jenis penelitian memiliki tujuan dan tugas yang berbeda-beda antar satu dengan yang lainnya. Umumnya, penelitian dilakukan untuk menguji suatu hal, baik yang sudah dilakukan riset sebelumnya maupun yang belum sama sekali. Pada kasus penelitian yang meneliti ulang suatu topik, biasanya akan ditemukan adanya ketidakcocokan dari hasil masing-masing publikasi. Untuk alasan tersebut, dilakukan penelitian lanjutan yang akan menguji topik dan objek yang sama. Bicara soal penelitian, sebenarnya apa saja sih jenis-jenis penelitian yang ada di dunia riset?

Jenis-Jenis Penelitian yang Harus Dipahami

Secara garis besar, proses pengklasifikasian jenis penelitian sangat bergantung pada sudut pandang para ahli. Beberapa diantaranya mungkin menggolongkan sebuah penelitian yang mengharuskan pengambilan data secara langsung sebagai penelitian lapangan, namun pada sejumlah kasus bisa saja hal seperti ini digolongkan dalam penelitian laboratorium. Mengingat jenis data yang diambil berbeda. Pada penelitian lapangan jenis data yang diambil umumnya berupa kuesioner atau wawancara bersama responden, sedangkan pada penelitian laboratorium akan ada sampel barang tertentu yang bisa diuji. Meski banyak perbedaan pendapat, berikut merupakan beberapa penggolongan umum jenis peneltiian yang harus Anda pahami.

1. Tujuan Esensial Suatu Penelitian

Jika didasarkan pada faktor tujuan esensial dari sebuah riset, penelitian bisa diklasifikasikan ke beberapa jenis sebagai berikut.

  1. Basic Research atau Penelitian Dasar, ialah penelitian yang bertujuan untuk menemukan keumuman atau generalisasi, dan berusaha menemukan teori atau dalil-dalil yang berlaku secara umum.
  2. Applied Research atau Penelitian Penerapan, adalah penelitian yang berguna pada penggunaan secara praktis dalam ranah kehidupan sehari-hari.

2. Tempat Dilakukannya Penelitian

Sementara jika didasarkan pada tempat dilakukannya, penelitian bisa digolongkan menjadi beberapa jenis berikut.

  1. Penelitian lapangan atau field research
  2. Peneltiian perpustakaan atau library research
  3. Penelitian laboratorium

3. Tujuan Umum Penelitian

Berdasarkan tujuan umumnya, penelitian dapat dibagi ke dalam beberapa jenis sebagai berikut.

  1. Penelitian eksploratif merupakan jenis riset yang berupaya mencari ide ataupun hubungan-hubungan yang baru terbentuk.
  2. Penelitian eksplanatori merujuk pada riset yang berguna untuk menganalisis hubungan-hubungan yang timbul antara satu variabel dengan variabel lainnya, atau bisa juga bertujuan untuk menguji pengaruh dari suatu variabel ke variabel lainnya.
  3. Penelitian verifikatif biasanya berbentuk pembuktian, dalam hal ini berarti penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran dari hasil penelitian terdahulu.
Baca Juga: Tips Memilih SMA Terbaik di Bandung agar Prestasi Lebih Maksimal

4. Berdasarkan Taraf Penelitian

  1. Penelitian inferensial, adalah suatu bentuk riset yang diperlukan untuk dapat menarik sebuah kesimpulan umum.
  2. Penelitian deskriptif biasnaya berupa penulisan yang mendetail.

5. Proses Berlangsungnya Prosedur Penelitian

  1. Peneltiian eksperimental adalah riset yang berguna untuk meramalkan kondisi di masa mendatang.
  2. Penelitian historis dokumenter umumnya bertujuan untuk menetapkan status data historis di masa lampau.

6. Berdasarkan Jenis Aktivitas yang Dilakukan

  1. Penelitian lengkap atau yang juga dikenal sebagai complete research pada dasarnya bertujuan untuk mengadakan generalisasi sesuai dengan fakta-fakta yang ada, kemudian setelah itu akan diadakan interpretasi kritis untuk mencari metode pemecahannya.
  2. Interpretasi kritis atau critical interpretation dapat dilakukan untuk mengungkapkan sebuah pemikiran terkait sebuah masalah dalam bentuk uraian logis nan kritis.
  3. Penelitian penemuan fakta atau fact finding bisa dilakukan untuk menemukan fakta yang beredar di kalangan masyarakat.

Karakteristik Penelitian Lengkap

Terdapat sejumlah ciri umum dari sebuah penelitian lengkap, sebut saja seperti:

  1. Adanya pihak yang berupaya mencari pembuktian berikut kesaksiannya.
  2. Adanya pihak yang mengadakan klasifikasi, analisis, dan generalisasi.
  3. Masalah bersifat mendesak dan harus segera diselesaikan.
  4. Mencari kaitan atau implikasinya dengan masalah lain.
  5. Mencari metode penyelesaian yang dianggap paling tepat dan efisien.

Itulah beberapa hal mengenai penelitian yang sebaiknya Anda pahami dengan baik.

Sumber gambar: Unsplash Free Image