Kuliner Khas Palembang: Ragam Makanan Menggugah Selera

Salah satu kota yang terkenal dengan julukan kota pempek ini mempunyai bermacam kuliner yang ciamik. Kota ini mempunyai berbagai hidangan yang menggunakan ikan sebagai bahan utama, seperti pempek, otak-otak, dan pindang.

Grooming Sugar Glider

Masyarakat pasti sudah tahu panganan yang asal yang menjadi julukan kota ini. Olahan ini dibuat dari campuran bahan yang sangat mudah ditemukan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan cuko, saus yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, udang ebi, dan garam.

Selain pempek tadi, ada juga tekwan, makanan khas Palembang yang hampir mirip dengan pempek. Tekwan terbuat dari bahan yang sama, namun dibentuk menjadi bulatan kecil dan disajikan dengan kuah kaldu udang. Hidangan ini juga diberi tambahan daun seledri, daun bawang, bawang goreng, jamur kuping, dan bihun sebagai topingnya.

Saat berkunjung ke Palembang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi mie celor, hidangan mie khas Palembang yang disajikan dengan kuah kental. Mie ini dihidangkan dengan berbagai toping seperti udang, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Untuk variasi rasa, mie celor juga bisa ditambahkan potongan telur ayam rebus.

RajaBackLink.com

Ingin mencoba hidangan dengan cita rasa lebih pedas? Cobalah burgo, hidangan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kuah santan pedas. Hidangan ini cocok disantap bersama dengan laksan dan telur ayam rebus sebagai pelengkapnya.

Celimpungan juga menjadi salah satu hidangan khas Palembang yang patut dicoba. Hidangan ini memiliki bentuk bulat dan terbuat dari campuran daging ikan dan terigu. Celimpungan disajikan dengan kuah santan kuning yang lezat.

Selain hidangan tersebut, Palembang juga terkenal dengan kemplang, makanan ringan yang terbuat dari ikan atau sagu. Kemplang ikan memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu.

Baca Juga: 4 Jurusan Favorit Mahasiswa Indonesia untuk Kuliah di Luar Negeri

Nikmati kuliner khas Palembang saat mengunjungi kota ini yang memiliki ikon Jembatan Ampera. Rasakan sensasi menggugah selera dari berbagai hidangan unik dan lezat yang hanya bisa ditemukan di Palembang.

Dengan keberagaman kuliner Palembang yang menarik, jadikan perjalanan kuliner Anda di kota ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Cicipi pempek, tekwan, mie celor, burgo, laksan, celimpungan, dan kemplang sebagai beberapa contoh dari hidangan khas Palembang yang akan memanjakan lidah Anda.