Fauna Paling Lambat di Dunia: Mengapa Kecepatan Bergerak Mereka Berbeda?

Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa fauna yang memiliki kecepatan bergerak yang sangat lambat di dunia? Kehidupan fauna sangat beragam, dengan mereka memiliki metode hidup dan tubuh yang unik. Kecepatan bergerak fauna dapat dipengaruhi oleh fisiologi tubuh mereka atau metabolisme.

Grooming Sugar Glider

Didunia ini ada beberapa satwa yang berkecepatan seperti snail alias siput atau kura-kura yang lambat. Satwa ini yakni Manatee atau lembut Laut yang dapat berkecepatan hanya kurang dari sepuluh mil dalam satu jamnya. Satwa yang besar ini membuatnya sangat mudah untuk diburu musuh-musuhnya.

Seperti yang disebutkan tadi, urutan yang kedua yaitu Giant turtle. Mereka hanya dapat bergerak sejauh 6 kilometer dalam satu hari. Tapi satwa ini termasuk satwa purba yang bisa mencapai umur satu abad lebih.

Salah satu hewan yang terkenal di kartun spongbob yaitu partik juga aslinya bergerak sangat lambat dilautan. Bintang laut menggunakan tentakel mereka yang lengket untuk menggerakkan tubuh mereka, tetapi kecepatan yang lambat ini membatasi pergerakan mereka dalam mencari makanan dan melarikan diri dari predator.

RajaBackLink.com

Siput juga termasuk dalam daftar fauna paling lambat. Tentu snail ini sudah terkenal dengan kemampuannya berpindah bukan lagi per meter tapi hanya per senti hehe. Walaupun lambat tapi satwa ini berkemampuan diri untuk menjaga dari musuh melalui cangkangnya. Satwa ini bercangkang kuat dan sangat dapat memberi perlindungan dari musuh.

Dipuncak satwa yang terlambat didunia ini dimenangkan oleh sloth. Fauna ini merupakan pemanjat pohon yang hanya mampu bergerak sekitar 30 centimeter per menit. Dengan kehidupannya yang serba tidak bergerak akan menjadikan hewan ini hanya mancari makan dengan berdampingan dengan makhluk hidup yang menempel dibulunya.

Baca Juga: Menikmati Sunset Indah di Pinggiran Pantai Tolire Kecil Kota Ternate

Dalam kesimpulannya, kecepatan bergerak fauna bervariasi tergantung pada fisiologi tubuh atau metabolisme mereka. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kecepatan fauna, termasuk ukuran tubuh, keterampilan berburu, dan adaptasi lingkungan. Mengetahui tentang fauna paling lambat di dunia memberikan wawasan menarik tentang keanekaragaman alam dan keunikan kehidupan di planet ini. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengambil pelajaran dari fauna ini untuk hidup dengan tenang dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.