Makna Lambang Pancasila, Lengkap dari Sila 1 sampai 5

Pancasila sebagai landasan serta ideologi untuk bangsa Indonesia tidak hanya sebatas identitas serta simbol. Tetapi, mencerminkan arti serta nilai-nilai luhur di dalam Garuda Pancasila. Burung Garuda Pancasila mempunyai bulu bercorak emas yang melambangkan keagungan serta kejayaan. Paruh, sayap, ekor, serta cakarnya dapat dimaknai selaku simbol kekuatan serta tenaga pembangunan. Jumlah bulu burung Garuda Pancasila melambangkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ialah 17 Agustus 1945 ataupun 17-8-1945. Pada bulu di tiap sayap berjumlah 17, bulu pada ekor terdapat 8, jumlah bulu di dasar perisai/pangkal ekor terdapat 19, serta jumlah bulu pada leher terdapat 45. Burung Garuda Pancasila mencengkeram suatu gulungan bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Sebaliknya di dada Garuda Pancasila ada perisai yang mereprensentasikan 5 sila. Lambang Pancasila dilansir dalam perisai yang menempel di dada burung garuda. 5 lambang tersebut merupakan bintang, rantai, tumbuhan beringin, kepala banteng, dan padi serta kapas. Apa saja Makna lambang Pancasila? mari simak berikut ini!

1. Bintang

Lambang perisai gelap dengan suatu bintang emas di dalamnya mencerminkan sila ke-1 Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Lambang bintang itu bisa diartikan sebagai suatu sinar. Arti sinar tersebut semacam seperti Tuhan yang jadi sinar untuk tiap manusia. Perihal ini cocok dengan pemikiran hidup serta perspektif kehidupan berbangsa yang bertabiat religius. Nilai yang dikembangkan buat membangun bangsa Indonesia yang bermartabat, ialah nilai keimanan serta ketakwaan, toleransi serta kerukunan antarumat beragama, dan saling hormat-menghormati.

2. Rantai

Lambang rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil mencerminkan sila ke-2 Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Lambang tersebut menunjukkan ikatan manusia yang silih menolong satu sama lain. Dalam lambang gelang itu terdapat gelang berupa persegi serta berupa bundaran. Gelang berupa persegi menggambarkan laki-laki. Sedangkan, gelang berupa bundaran menggambarkan perempuan. Nilai yang termaktub dalam lambang ini merupakan antarmanusia antarbangsa wajib saling kasih sayang, saling menyayangi, tidak semena-mena, tenggang rasa, serta silih menghormati.

3. Pohon Beringin

Lambang pohon beringin mencerminkan sila ke-3 Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia. pohon beringin dengan nama latin Ficus Benjamina itu ialah tumbuhan Indonesia yang berakar tunggal panjang yang masuk ke dalam tanah sangat dalam mendukung pohon beringin yang berdimensi sangat besar. Perihal ini menggambarkan kesatuan serta persatuan Indonesia. Sedangkan akar-akar yang menggelantung dari ranting tumbuhan mencerminkan Indonesia selaku suatu negeri kesatuan tetapi mempunyai bermacam latar balik budaya yang bermacam-macam. Nilai yang tercantum merupakan silih melindungi, rela berkorban, cinta pada Tanah Air, sekalian bangga selaku bangsa Indonesia dengan budaya bangsanya.

4. Kepala Banteng

Lambang kepala banteng berlatar warna merah mencerminkan sila ke-4 Pancasila yang berbunyi Kerakyatan yang Dipandu oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Banteng merupakan hewan yang gemar berkumpul. Perihal ini menggambarkan semacam manusia dalam proses pengambilan keputusan wajib dicoba secara musyawarah, berkumpul bersama buat membongkar sesuatu perkara. Nilai yang tercantum, antara lain demokrasi persamaan, mengutamakan kepentingan negeri, gotong-royong, musyawarah mufakat, dan kesantunan dalam mengantarkan komentar.

5. Padi dan Kapas

Lambang padi serta kapas mencerminkan sila ke-5 Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Untuk Segala Rakyat Indonesia. Padi dan kapas jadi simbol pangan serta sandang yang jadi kebutuhan pokok warga Indonesia tanpa memandang status maupun perannya. Sila ini memberikan semangat serta motivasi para pemimpin dan seluruh warga demi kemakmuran serta kesejahteraan yang menyeluruh untuk segala rakyat Indonesia. Nilai dalam sila ini merupakan keadilan, gotong-royong, saling tolong-menolong, tanggung jawab, kerja keras, serta kemandirian.

 Demikianlah pembahasan mengenai Makna Lambang Pancasila, Lengkap dari Sila 1 sampai 5. Semoga dapat menambah wawasan Kalian.