Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln dan Montesqieu

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memegang asas demokrasi. Adanya demokrasi tersebut memungkinkan bagi setiap warga negaranya untuk andil dan aktif dalam memantau jalannya roda pemerintahan.

Adanya sistem demokrasi di suatu negara akan membuka peran dan peluang bagi setiap warga negaranya untuk membangun negara tersebut. Karenanya, setiap orang pun bisa berpartisipasi dalam kegiatan politik.

Lantas, apa itu demokrasi?

Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian demokrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan menurut para ahli. Di antara pengertian dari para ahli tersebut terdapat pengertian demokrasi dari Abraham Lincoln yang merupakan tokoh ternama dari Amerika Serikat yang mengusung peraturan penghapusan perbudakan pada masa pemerintahannya, dan Mostesquieu yang merupakan seorang ahli pada bidang politik asal Prancis. Untuk selengkapnya, mari kita simak!

A. Pengertian Demokrasi menurut KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan demokrasi dengan tiga pengertian. Pada pengertian yang pertama, demokrasi diartikan sebagai 'bentuk atau sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya turut serta memerintah, namun melalui perantaraan wakilnya'.

Pada pengertian yang kedua, demokrasi juga diartikan oleh KBBI sebagai 'gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua negara'.

Pada pengertian yang terakhir, KBBI mengartikan demokrasi secara singkat, yaitu 'pemerintahan rakyat'.

B. Pengertian Demokrasi menurut Para Ahli

1. Pengertian Demokrasi menurut Abraham Lincoln

Abraham Lincoln mengartikan demokrasi sebagai 'suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat'.

Abraham Lincoln merupakan Presiden Amerika Serikat keenambelas, yang pada masa pemerintahannya berhasil menghentikan Perang Saudara Amerika, menghapus perbudakan yang ada, dan mempertahankan persatuan bangsa Amerika.

2. Pengertian Demokrasi menurut Bonger

Bonger membagi pengertian demokrasi kepada 2 hal, yaitu formal dan materil.
Pada pengertian formal, ia mengartikan demokrasi sebagai 'teori'.

Adapun pada pengertian materil, Bonger mengartikan demokrasi sebagai 'praktik yang dipengaruhi oleh faktor kemerdekaan dan persamaan sosial, serta ekonomi'.

Baca Juga:  Perpindahan Kalor: Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya

3. Pengertian Demokrasi Menurut Montesquieu

Montesquieu mengartikan demokrasi sebagai 'kekuasaan negara yang dijalankan oleh tiga lembaga berbeda (legislatif, eksekutif, dan yudikatif)'.

Masing-masing lembaga tersebut harus bisa berdiri secara independen, tanpa bisa dipengaruhi ataupun terpengaruhi oleh keberadaan yang lain sehingga kinerjanya tidak akan terganggu.

Montesquieu adalah seorang ahli pada bidang politik yang berasal dari Prancis. Ia hidup di masa era pencerahan Eropa.

4. Pengertian Demokrasi menurut John L. Esposito

John L. Esposito mengartikan demokrasi sebagai 'sistem yang semua orang berhak berpartisipasi secara aktif termasuk dalam mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.'

Karena hal tersebut, 3 lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif) harus bisa berdiri sendiri dan beroperasi secara independen.

John L. Esposito sendiri adalah seorang akademisi berkebangsaan Italia-Amerika yang mengajar di Universitas Georgetown, Washington DC. Ia memiliki gelar profesor studi Timur Tengah dan agama, serta merupakan sarjana studi Islam. Ia dilahirkan pada 19 Mei 1940 di Brooklyn, Kota New York, Amerika Serikat.

Pemahaman politik merupakan salah satu bidang yang dikuasai oleh John Louis Esposito.

5. Demokrasi menurut C.F. Strong

C.F. Strong mengartikan demokrasi sebagai 'sistem pemerintahan di mana mayoritas rakyat berusia dewasa turut serta dalam politik yang berdasarkan sistem perwakilan'.
Sistem pemerintahan yang ada menjamin bahwa pertanggungjawaban pada setiap tindakan dan keputusan pemerintah adalah diberlakukan.

C.F. Strong memiliki nama panjang Charles Frederick Strong, ia dilahirkan pada 16 Agustus 1912 di Australia. Ia merupakan seorang ahli pada bidang tata negara.

Demikian, uraian mengenai pengertian demokrasi menurut KBBI dan menurut para ahli. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay/UnratedStudio