Profil Negara ASEAN dari Indonesia hingga Kamboja

Mari kita simak profil negara ASEAN! Dilansir dari situs resmi ASEAN, berikut adalah negara-negara anggota ASEAN beserta waktu bergabungnya:

  1. Indonesia (8 Agustus 1967)
  2. Malaysia (8 Agustus 1967)
  3. Singapura (8 Agustus 1967)
  4. Thailand (8 Agustus 1967)
  5. Filipina (8 Agustus 1967)
  6. Brunei Darussalam (8 Januari 1984)
  7. Vietnam (28 Juli 1995)
  8. Laos (23 Juli 1997)
  9. Myanmar (23 Juli 1997)
  10. Kamboja (30 April 1999)

Untuk mengenali lebih lanjut seperti apa negara-negara di ASEAN, berikut adalah uraian ringkas profil negara ASEAN.

1. Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara di ASEAN yang tersusun dari banyak kepulauan. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang berada di Asia Tenggara.

Selain dari fakta bahwa negara Indonesia adalah negara ASEAN yang memiliki kepulauan terbanyak, negara ini pun memiliki keunikan lainnya secara geografis. Keunikan lainnya itu adalah Indonesia terhimpit di antara dua benua dan dua samudera, serta berada tepat di pusat garis katulistiwa.

Dua benua yang menghimpit negara Indonesia itu adalah benua Asia dan benua Australia. Adapun dua samudera yang menghimpit negara ini adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Pada perjalanan terbentuknya negara Indonesia, kelahirannya dipenuhi oleh pengaruh bangsa-bangsa lainnya.

Sejak abad ke-7, Indonesia telah menjadi wilayah perdagangan yang penting. Hal itu terjadi mulai zaman Kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan Hindu-Budha yang berpusat di Palembang.

Selain dari menjadi salah satu negara pelopor terbentuknya ASEAN, Indonesia pun adalah negara anggota PBB dan juga anggota dari organisasi negara KAA, APEC, OKI, G-20 dan OECD.

Ibukota negara Indonesia adalah di Jakarta, dan bentuk pemerintahannya adalah Republik. Negara Indonesia dipimpin oleh seorang kepala negara yang merangkap sekaligus sebagai kepala pemerintahan, yaitu presiden. Dalam kinerjanya, presiden dibantu oleh seorang wakil presiden.

2. Malaysia

Malaysia adalah negara yang berbentuk federal. Di dalamnya, terdapat 13 negara bagian. Ibukota negara Malaysia terletak di Kuala Lumpur, dan Putrajaya menjadi wilayah pusat pemerintahannya.

Negara Malaysia terbagi kepada dua kawasan, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Kedua wilayah ini terdapat di Kepulauan Natuna.

Kepulauan Natuna sendiri termasuk pada wilayah Indonesia di area Laut Tiongkok Selatan. Kepala Negara Malaysia adalah seorang Raja yang memiliki gelar Sultan.

3. Singapura

Untuk mengetahui lebih rinci bagaimana profil negara ASEAN yang satu ini, Anda bisa mengaksesnya secara langsung di laman resmi negara Singapura. Secara geografis, negara Singapura terletak di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya.

Singapura adalah negara pusat keuangan terdepan yang berada pada posisi ketiga di dunia. Ia memainkan peran yang penting dalam perdagangan dan keuangan Internasional.

Singapura merupakan negara yang berbentuk republik parlementer. Kepala negara Singapura adalah presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.

4. Thailand

Thailand secara perjalanan sejarahnya adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah sekali pun dijajah oleh bangsa lain.

Negara ASEAN yang satu ini adalah sebuah negara yang berada di Asia Tenggara yang berbatasan langsung di arah timur dengan Laos dan Kamboja, pada bagian selatan dengan Malaysia dan Teluk Siam, serta pada bagian Barat dengan Myanmar dan Laut Andaman. Sejak dahulu sampai tanggal 11 Mei 1949, Kerajaan Thailand dikenal dengan sebutan Siam.

Sistem pemerintahan negara Thailand adalah monarki konstitusional dan kepala negaranya adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.

5. Filipina

Filipina merupakan anggota negara ASEAN, yang bentuk negaranya adalah republik. Negara Filipina adalah salah satu negara kepuluauan di Asia Tenggara, yang berada di lingkar pasifik barat.

Sistem pemerintahan negara Filipina mengikuti sistem pemerintahan Amerika Serikat. Presiden ada pada kedudukan sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, dan panglima tertinggi angkatan bersenjata. Masa jabatan presidennya adalah 6 tahun.

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negara ASEAN yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan, Indonesia. Negara ini menempati indeks pembangunan manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara, setelah Singapura. Brunei Darussalam terklarifikasi sebagai negara maju.

7. Vietnam

Vietnam merupakan salah satu negara terpadat di dunia, yang ada pada urutan ke-13. Negara ASEAN ini terletak di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara, yang berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, Kamboja, Laos, dan Laut China Selatan.

Kepala pemerintahan negara Vietnam adalah seorang perdana menteri, yang memiliki kedudukan untuk memimpin kabinet. Kabinet tersebut terdiri atas 3 deputi perdana menteri dan kepala 26 menteri-menteri, beserta perwira-perwira.

8. Laos

Laos merupakan negara ASEAN yang berbentuk Republik. Negara Laos terletak di Asia Tenggara pada bagian utara Semenanjung Indochina.

Kepala negara Laos adalah seorang presiden yang ditentukan oleh parlemen, dan masa jabatannya adalah 5 tahun. Sedangkan, kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri, yang posisinya itu ditunjuk oleh Presiden dan disetujui juga oleh parlemen.

9. Myanmar

Myanmar adalah negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan India, Bangladesh, Thailand, dan Laos. Myanmar telah dikenal sebagai negara yang kaya akan giok, minyak bumi, gas alam, batu permata, dan mineral lainnya.

Negara Myanmar memiliki populasi penduduk lebih dari 51 juta jiwa dan dipimpin oleh pemerintahan militer sejak adanya kudeta militer tahun 1988.

10. Kamboja

Kamboja adalah negara ASEAN yang berbentuk Monarki Konstitusional, di Asia Tenggara. Negara Kamboja berbatasan langsung dengan Thailand, Vietnam, Laos, dan teluk Thailand.

Mayoritas agama penduduk Kamboja adalah Budha. Negara ASEAN yang satu ini memiliki pertunjukan budaya yang digelar meriah yaitu bon om touk.

Demikian, pembahasan profil negara ASEAN. Apabila Anda ingin memeroleh rincian data lengkapnya masing-masing negara di atas, Anda bisa mengakses secara langsung situs resmi negara-negara tersebut. Semoga bermanfaat!

 

***

Sumber Foto: asean.org (situs resmi ASEAN)