Rumah Bambu Khas Suku Dorze di Ethiopia: Keindahan dan Kekuatan yang Mengagumkan

Suku Dorze di Ethiopia dikenal dengan rumah bambu unik berbentuk gajah atau sarang lebah. Rumah-rumah ini merupakan simbol dari keindahan dan kekuatan budaya suku Dorze. Sekitar kurang lebih 45 persen telah mengenal baca tulis. Dalam kehidupan sehari-hari, suku Dorze hidup dekat dengan gajah yang berkeliaran di kawasan mereka.

Grooming Sugar Glider

Rumah bambu khas suku Dorze memiliki tiga gubuk yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu bambu dan daun pisang. Proses pembangunan rumah Dorze membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Uniknya, rumah-rumah Dorze juga dapat dipindahkan ke tempat lain dengan utuh. Untuk melakukan pemindahan, diperlukan sekitar 20 orang di dalam gubuk dan 40 orang di luar gubuk.

Meskipun rumah-rumah Dorze terbuat dari bahan alami yang rentan terhadap serangan rayap, orang Dorze menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini. Mereka memodifikasi pintu rumah sehingga dapat melawan serangan rayap. Mereka mengatasi masalah itu dengan memakai bentuk menonjol depan rumah ketika membuka pintu yang semakin rendah.

Keunikan desain rumah Dorze bukan hanya terbatas pada bentuk luarnya yang menyerupai gajah atau sarang lebah, tetapi juga pada keindahannya yang sederhana dan elegan. Rumah-rumah ini merupakan contoh nyata dari keahlian dan kecerdikan suku Dorze dalam membangun tempat tinggal yang tahan lama.

RajaBackLink.com

Rumah-rumah Dorze dapat bertahan antara 60 hingga 80 tahun. Rumah ini akan diturunkan ke anak cucu mereka, oleh karenanya suku ini terkenal sekali tekun dan ulet membangun rumah-rumahnya.

Dalam segi pariwisata, rumah-rumah bambu khas suku Dorze menjadi daya tarik utama. Turis mancanegara berbodong-bondong karena penasaran dengan bentuk rumah suki ini. Keindahan dan kekuatan rumah Dorze membawa pesan mengenai pentingnya mempertahankan dan merawat warisan budaya.

Baca Juga:  Pilihan Penginapan Murah dan Nyaman Dekat Centre Point Mall Medan

Dengan tingkat melek huruf mencapai 45%, suku Dorze juga menunjukkan kecerdasan dan niat mereka untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan. Melalui rumah-rumah bambu khas mereka, suku Dorze telah menciptakan keajaiban yang memperlihatkan kekayaan budaya dan warisan unik Ethiopia.

Dalam kesimpulannya, rumah bambu khas suku Dorze di Ethiopia merupakan keindahan yang memukau dan keajaiban yang mengejutkan. Mereka tidak hanya menjadi tempat tinggal yang fungsional dan tahan lama, tetapi juga merupakan warisan budaya yang patut kita kenang dan lestarikan.