Wisata Ekowisata di Desa Liang Ndara: Pesona Alam, Kultur, dan Fauna Langka

Indonesia bagian timur selalu memberikan keberagaman yang sangat banyak dan luar biasa. Maka tak heran jika di wilayah timur indonesia ini terdapat banyak destinasi wisata yang sangat menarik dan berbudaya tinggi. Tujuan wisata yang alami diantaranya yaitu di Desa Liang Ndara bertempat di Flores NTT.

Grooming Sugar Glider

Salah satu kebudayaan menarik yang hanya ada di Desa Liang Ndara adalah tarian caci. Tarian ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Flores dan menampilkan gerakan yang energik. Pengunjung dapat menyaksikan tarian ini yang dipertunjukkan oleh penduduk setempat.

Desa Liang Ndara juga menawarkan pengalaman pengamatan fauna langka. Habitat burung-burung langka seperti gagak Flores, celepuk, serindit, dan kehicap dapat ditemukan di sini. Celepuk, burung yang sulit dilihat karena suka berdiam diri di pepohonan tinggi, merupakan salah satu spesies yang menarik perhatian. Gagak Flores dengan warna hitam serta ekor yang ditekuk ke bawah saat mengeluarkan suara juga menjadi daya tarik tersendiri. Serindit, dengan warna hijau, bintik merah di leher, paruh kecil yang bengkok, dan ekor pendek, menambah keberagaman fauna yang ditemukan di Desa Liang Ndara. Juga ada kehicap dengan bulu hitam di bagian atas, bulu putih di bagian bawah, serta suara yang merdu.

Selain fauna, Desa Liang Ndara juga menawarkan pengalaman trekking di Hutan Mbeliling. Hutan ini memiliki kekayaan ekosistem alami yang cocok untuk penggemar alam. Hutan Mbeliling berjarak sekitar satu setengah jam dari Labuan Bajo, memudahkan pengunjung untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alamnya. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna langka yang hidup di dalam hutan ini.

RajaBackLink.com

Selain itu, Desa Liang Ndara memiliki beberapa air terjun ekotis dengan goa di dalamnya. Air terjun-terjun tersebut antara lain Liang Kantor, Wae Rebus, dan Wae Satar. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang spektakuler serta mengeksplorasi goa-goa yang ada di sekitarnya. Hal ini menjadi pengalaman yang menarik bagi para pengunjung.

Baca Juga: Liburan Seru di Medan Setelah Idul Adha: Wisata Gratis dan Terjangkau

Untuk oleh-oleh, pengunjung dapat membeli tenunan khas Desa Liang Ndara. Tenunan ini merupakan karya seni lokal yang unik dan dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Desa Liang Ndara merupakan destinasi wisata yang unik dan menarik di Pulau Flores. Dengan pesona alam, kultur, dan fauna langka, pengunjung akan mengalami pengalaman yang tak terlupakan di sini. So, tunggu apalagi, rencanakan bersama keluarga Anda untuk mengunjungi wisata ini.