Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 8 Kota Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024

Membuat kurikulum baru, cara ini sering kali menjadi alternatif utama dan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Di Indonesia, salah satu contoh penerapan ini adalah di SMAN 8 Kota Cirebon yang telah memulai KBM pada tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan kurikulum merdeka.

RajaBackLink.com

Kurikulum merdeka adalah model pendidikan yang memberikan keleluasaan penetapan materi pembelajaran kepada guru dan siswa. Pengajaran tidak hanya dilakukan secara konvensional namun juga melibatkan cara-cara unik seperti pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaan berbasis proyek.

Siswa di SMAN 8 Kota Cirebon, khususnya yang berada di kelas 10, mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan dan menerapkan kurikulum merdeka ini. Mereka diajarkan dengan konsep insektifikasi dan tidak hanya dipacu untuk mendapatkan nilai tinggi, tetapi juga untuk memahami secara mendalam dan menguasai berbagai kompetensi.

Dalam prosesnya, kurikulum merdeka tidak melepaskan aspek pengetahuan formal. Siswa juga mendapatkan ruang untuk melibatkan diri dalam proyek kolaboratif di kelas dan mengekspresikan kreativitas mereka. Projek ini diharapkan dapat membantu siswa SMA mempraktekan ilmu yang diterima dari beberapa mata pelajaran sekaligus.

Untuk memahami lebih jauh mengenai pencapaian siswa, SMAN 8 Kota Cirebon juga melakukan pameran atau expo pada pelajaran akhir tahun. Dalam acara ini, setiap proyek yang telah dikerjakan siswa dipamerkan dan dapat menjadi bahan evaluasi sekaligus apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan siswa.

Salah satu poin penting dari kurikulum merdeka adalah menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam karakter siswanya. Oleh karena itu, kurikulum merdeka juga fokus pada penguatan profil pelajar Pancasila dalam proses belajarnya.

Terakhir, meskipun kelas 11 dan 12 belum menerapkan kurikulum merdeka dan masih menggunakan kurikulum 2013, inisiatif ini merupakan bentuk pengembangan pendidikan di Indonesia yang patut untuk diapresiasi. Mengingat bahwa dunia pendidikan merupakan bagian integral dalam membentuk karakter dan kompetensi masyarakat Indonesia.