Memahami Istilah dan Dunia Perkuliahan bagi Mahasiswa Baru: SKS, KRS, UKT dan Lainnya

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Bagi kalian yang baru saja lulus dari SMA, SMK, atau MA, tentu banyak yang merasa berdebar-debar. Ya, inilah saatnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi atau universitas. Kalian akan menemukan banyak sekali hal-hal baru mulai dari bertemu teman baru, suasana baru dan istilah-istilah baru yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya.

Grooming Sugar Glider

Apakah banyak dari kalian yang masih bingung atau bahkan tidak pernah mendengar istilah KRS, SKS, atau UKT?. Tepat sekali kalian mengeklik artikel ini, karena di artikel ini akan membahas mengenai istilah-istilah tadi secara satu persatu dengan jelas supaya dapat dengan mudah dipahami. Kemudian kalian bisa lebih siap menghadapi dunia baru yaitu dunia perkuliahan.

Pertama, mari kita mulai dengan ospek atau PBAK. Ini adalah kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan lingkungan dan budaya kampus kepada mahasiswa baru. Jadi, jangan takut atau merasa canggung karena semua siswa baru juga merasakan hal yang sama.

Selanjutnya kita akan membahas tentang UKT. UKT adalah biaya SPP yang harus kalian bayarkan setiap semesternya. Besarannya biasanya berbeda-beda, tergantung kampus, prodi atau jurusan, dan penghasilan orang tua.

RajaBackLink.com

KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa adalah sebuah kartu identitas yang dikeluarkan oleh pihak kampus. KRS atau Kartu Rencana Studi berisi tentang rencana mata kuliah dan SKS yang kalian ambil untuk semester depan. SKS sendiri merupakan bobot dari mata kuliah dalam satu semester.

IPK adalah nilai keseluruhan kalian selama kuliah. Nilai ini akan menentukan sejauh mana kalian berhasil dalam studi. Sementara IP adalah nilai akhir di setiap semester.

Kampus juga memiliki banyak UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Ini adalah ekstrakurikuler yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat kalian. HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi pada setiap jurusan yang ada di perguruan tinggi.

Baca Juga:  Tutorial Lengkap Membuat Hiasan Bunga dari Kertas Origami

Memahami semua istilah di atas bisa memudahkan kalian dalam menavigasi dunia perkuliahan. Namun, yang paling penting adalah kalian harus aktif dan rajin belajar.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang istilah-istilah dalam dunia perkuliahan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian yang baru saja memasuki dunia perkuliahan.