Pronouns adalah Kata Ganti, Simak Pengertian dan Jenis-jenisnya

Sering dibahas materi 'Pronouns' dalam pelajaran Bahasa Inggris, tetapi masih belum tahu maksudnya? Lantas, apa itu 'Pronouns'? Yuk, simak! Ini dia pengertian 'Pronouns' dan jenis-jenisnya!

Pronouns adalah kata ganti dalam bahasa Inggris untuk kata benda. Pronouns digunakan untuk mengganti suatu kata benda di suatu kalimat agar terlihat lebih sedikit dan ringkas penyebutan atau penulisannya.

Hal itu bertujuan agar membuat kalimat tersebut lebih efektif, sehingga tidak terjadi penyebutan atau penulisan kata benda yang sama secara berulang-ulang di kalimat yang sama. Contohnya adalah sebagai berikut:

“I love Amel because 'she' is a good girl”.

Dalam Bahasa Indonesia, arti dari kalimat di atas adalah “Saya suka Amel karena 'dia' gadis yang baik”.

Dari contoh kalimat bahasa inggris di atas, kata 'she' (dia) adalah pronouns (kata ganti) untuk kata benda sebelumnya yaitu 'Amel'. 'She' digunakan untuk mengganti penyebutan 'Amel' sehingga tidak perlu disebutkan berulang di kalimat tersebut.

Agar lebih paham, ini dia contoh kedua dari pengunaan pronouns.
“Yogi eat six breads now because 'he' is hungry.”

Arti dari kalimat Bahasa Inggris di atas adalah “Yogi makan lima roti sekarang karena 'dia' lapar”.

'Yogi' dalam contoh kalimat di atas tidak disebutkan berulang. Kata 'he' (dia) pada contoh di atas merupakan pronouns (kata ganti) dari kata benda 'Yogi'. Adanya kata 'he' pada kalimat di atas membuat kata 'Yogi' tidak perlu disebut berulang di kalimat itu.

Fungsi pronouns (kata ganti) secara umum adalah memungkinkan untuk kita bisa mempersingkat suatu kalimat atau membuat suatu kata benda dalam kalimat itu tidak disebutkan berkali-kali.

Berikut merupakan jenis-jenis pronouns (kata ganti) dalam Bahasa Inggris yang masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda. Mari disimak penjelasannya.

Jenis-Jenis Pronouns

Terdapat beberapa jenis pronouns yang digunakan dalam penulisan ataupun percakapan Bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut:

1. Subjective Pronouns

Sesuai dengan namanya, pronouns pada jenis ini adalah menduduki posisi sebagai subjek suatu kalimat. Secara umum untuk jenis ini, posisi setelah pronouns akan diikuti oleh kata kerja (verb) ataupun be (is, am, are). Ini dia contoh yang dari subjective pronouns:
“I, She, He, You, It, We, They”.

Baca Juga:  Profil Negara ASEAN dari Indonesia hingga Kamboja

Secara singkat, pronouns pada jenis difungsikan untuk mengganti suatu kata benda di suatu kalimat, yang posisinya sebagai subjek.

Contoh kalimat:
“Nisa is tired because she is not sleep 2 days” (Nisa merasa lelah karena dia tidak tidur selama 2 hari).

2. Objective Pronouns

Untuk jenis ini, pronouns menduduki posisi sebagai objek suatu kalimat. Umumnya, setelah keberadaan pronouns akan diikuti oleh verb (kata kerja) dan kata-kata lain seperti to atau by.

Contoh dari objective pronouns adalah sebagai berikut:
“Me, You, Her, Him, It, Us, Them”.

Contoh kalimat:
“Nisa encouraged me to learn to cook” (Nisa menyemangati saya untuk belajar memasak).

3. Possessive Adjective Pronouns

Fungsi dari pronouns jenis ini adalah menunjukkan kepemilikan. Untuk susunan kalimat, pronouns akan diiiringi setelah oleh kata benda lain yang menduduki posisi sebagai subjek atau objek suatu kalimat.

Berikut adalah contoh dari jenis Possessive Adjective Pronouns:
“My, Her, His, Your, Its, Our, Their”.

Contoh kalimat:
“My sister is smart” (Saudari perempuanku pintar).

4. Possessive Pronouns

Pronouns jenis ini berfungsi untuk menunjukkan suatu kepemilikan dengan cara menggantikan suatu kata benda (nouns). Contoh dari jenis possessive pronouns adalah:
“Mine, Hers, His, Yours, Its, Our, Theirs”.

Contoh kalimat:
“The pen is mine” (Pulpen itu milikku).

Demikian, pembahasan mengenai pengertian pronouns dan jenis-jenisnya. Seringlah berlatih dalam menulis dan berbicara agar Anda terbiasa dengan pronouns. Selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Pixabay/White77