Bertanya terkait suatu produk ke penjual dari toko Shopee menjadi hal yang perlu dilakukan guna memastikan hal-hal yang belum jelas. Sebagai contoh, apakah produk tersebut asli atau tidak, bagaimana ukuran atau ketersediaan warna yang diinginkan. Tapi, bagaimana prosedur chat toko di Shopee saat pembeli bermaksud mengajukan sejumlah pertanyaan?
Panduan Lengkap Chat Toko di Shopee
Sejauh ini, shopee memang jadi wadah yang asyik untuk berbelanja berbagai kebutuhan secara online. Pasalnya, konsumen tak lagi perlu keluar rumah hingga rela mengabiskan banyak waktu dijalanan, cukup lakukan kegiatan ini dari rumah menggynakab laptop atau ponsel yang terkoneksi internet. Anda hanya perlu menentukan jenis dan jumlah barang, bayar, dan tunggu pesanan terkonfirmasi dikirim ke alamat tujuan.
Selayaknya transaksi jual-beli di pasar tradisional, pembeli dan penjual bisa berdiskusi mengenai barang yang dipasarkan. Sama halnya dengan Shopee yang menawarkan fitur chat untuk mewadahi pembeli dan penjual yang hendak membicarakan barang kebutuhannya. Terkait dengan hal ini, Anda dapat mengikuti sejumlah langkah chat toko Shopee sebagai berikut.
- Temukan toko yang menjual barang yang Anda butuhkan. Pada tahap ini, Anda bisa mengunjungi fitur pencarian yang tersedia di halaman utama Shopee. Kemudian, tuliskan nama atau ID toko. Atau bisa jyga dengan menuliskan produk yang ditawarkan.
- Masuk ke halaman toko milik penjual. Pada dasarnya, pengguna bisa langsung mengirimkan chat toko di Shopee setelah menentukan produk yang hendak dibeli. Cukup dengan menekan ikon bubble yang ada di sisi kiri bawah layar.
- Terakhir, tuliskan pesan kepada penjual begitu layar chat muncul.
Sementara itu, Anda juga bisa memeriksa apakah chat yang sudah dikirim sudah dibaca atau belum oleh penjual. Pada dasarnya, tidak ada tanda khusus yang membuktikan apakah penjual sudah membaca pesan yang pembeli kirimkan atau belum. Walaupun begitu, pembeli tetap bisa mengamati status penjual yang sedang online. Hal ini bisa dibuktikan dengan ada atau tidaknya simbol tanda seru.
Selain itu, pembeli juga bisa memperhatikan aktivitas dari akun seller tersebut. Dengan begitu, konsumen bisa mencermati bagaimana performa chat seller di halaman utama toko online. Apabila performa chat toko menyampai skor 99%, artinya hampir seluruh chat atau pesan yang diterimanya dari konsumen sudah dibalas secara menyeluruh.
Sehingga tanda chat yang sudah dibaca umumnya akan terlihat jika penjual membalas pesan dari konsumen secara langsung. Saat penjual menghidupkan fitur auto-reply, pesan tadi akan dibalas dengan sendirinya oleh sistem. Kemudian, konsumen hanya perlu menunggu balasan chat dari penjual.
Terkadang konsumen juga bisa menemukan tanda seru yang muncul di halaman chat. Hal seperti ini biasanya berkenaan dengan keamanan akun shopee. Pasalnya, simbol tanda seru yang muncul di room chat berarti akun seller sedang mengalami kendala akibat melanggar aturan yang diberlakukan oleh pihak Shopee. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan seller menjadi tertuduh atas keluhan penipuan yang dilayangkan pembeli.
Oleh karena itu, apabila Anda menemukan tanda seru pada halaman chat toko di Shopee, sebaiknya tidak perlu melanjutkan chat karena seller tersebut diindikasikan telah melakukan penipuan. Biasanya tanda seru ini muncul karena penjual sering kali mengirimkan chat dengan isi yang sama kepada beberapa akun pembeli sekaligus. Atau bisa juga disebabkan karena seller banyak mengirimkan link melalui chat.
Itulah beberapa informasi seputar panduan chat seller di Shopee yang bisa Anda coba praktekkan.
Sumber gambar: Unsplash Free Image