Cara Membuat Blog di Blogger dan WordPress

Business vector created by freepik – www.freepik.com

Web log atau blog merupakan sebuah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Blog juga merupakan sebuah jurnal, artikel atau informasi online yang dibuat berurutan sesuai dengan tanggal penerbitan. Jika Anda ingin membuat blog, artikel ini membahas cara membuat blog bisa lewat blogger dan wordpress dengan mudah.

Cara Membuat Blog di Blogger

Blogger atau blogspot adalah layanan untuk membuat blog yang memiliki banyak peminat karena dapat dibuat secara gratis dan sangat mudah untuk digunakan. Caranya adalah:

  1. Pastikan Anda memiliki akun google sebelum mendaftar blog di https://blogger.com
  2. Jika sudah memiliki akun google dan sudah masuk ke alamat blogger tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah login menggunakan akun google milik Anda.
  3. Klik tombol “Buat profil google+” jika Anda belum membuatnya. Jika sudah punya, Anda bisa langsung ke langkah berikutnya.
  4. Klik tombol “Lanjutkan ke blogger” yang ada dibagian bawah.
  5. Untuk membuat blog baru, klik tombol “Blog baru”.
  6. Setelah itu, Anda harus mengisi data untuk blog Anda tersebut, seperti judul blog, alamat blog dan template atau tema blog, kemudian klik “Buat blog”
  7. Blog Anda sudah jadi, klik “Lihat blog” untuk melihat tampilan blog Anda.

Cara Membuat Blog di WordPress

WordPress juga merupakan platform gratis dan besar yang berguna untuk mempublikasikan konten secara online. Cara untuk membuat blog di wordpress adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs wordpress di browser Anda, www.wordpress.com
  2. Setelah itu, akan ada tombol “Buat situs web” dan klik tombol tersebut untuk membuat blog.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya dan Anda diharuskan untuk mengisi data diri secara benar da lengkap, seperti: alamat email, nama pengguna, password.
  4. Akan ada link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis” dan klik link tersebut.
  5. Jika semua sudah Anda isi dengan benar, klik tombol “Buat blog” yang berada dibagian bawah.
  6. Selanjutnya, pihak wordpress akan mengirim link verifikasi ke email yang sudah Anda daftarkan. Buka email Anda dan temukan email dari wordpress, setelah itu klik link yang ada dalam email tersebut.
  7. Setelah Anda selesai melakukan verifikasi, pada browser Anda akan terbuka tab baru yang menunjukkan halaman dashboard wordpress milik Anda.
  8. Anda pun bebas mengatur desain atau postingan apa saja pada blog wordpress Anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara membuat blog di blogger ataupun di wordpress. Selain blogger dan wordpress sebenarnya platform yang bisa digunakan untuk membuat blog ada banyak sekali, seperti Tumblr, Weebly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi. Namun, memang yang paling banyak dipakai adalah blogger dan wordpress.