Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mudah

Book photo created by freepik – www.freepik.com

Sebelum kita mempelajarai tentang bagaimana cara membuat daftar pustakaSebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu daftar pustaka. Daftar pustaka adalah daftar yang ada pada suatu karya ilmiah. Daftar ini berisi tentang semua buku atau tulisan yang dijadikan acuan atau landasan dalam penelitian.

Daftar pustaka biasanya berada di akhir sebuah karya ilmiah. Tujuan dari adanya daftar pustaka itu sendiri adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap karya orang lain yang dijadikan referensi atau masukan bagi penulis dalam membuat sebuah kalimat dalam karya ilmiah.

Dengan adanya daftar pustaka, menunjukkan bahwa Anda mengerjakan sebuah karya ilmuah tidak asal-asalan karena ada begitu banyak referensi yang Anda gunakan sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan lain dari daftar pustaka dalam karya ilmiah adalah agar Anda terhindar dari tuduhan penjiplakan. Karena, Anda mengutip kalimat orang lain dalam karya ilmiah Anda. Jika tidak mencantumkan nama penulis asli dalam daftar pustaka, Anda bisa terkena tuduhan plagiat karena mengambil hak cipta orang lain tanpa ijin.

Selain itu, daftar pustaka juga bertujuan sebagai bentuk pemenuhan syarat utama dalam penyusunan sebuah karya tulis. Sebab, semua karya tulis ilmiah wajib memiliki atau menyertakan daftar pustaka.

Banyak yang masih keliru dalam menuliskan daftar pustaka pada karya ilmiah, berikut cara membuat daftar pustaka yang benar sesuai dengan urutannya:

Nama

Penulisan nama untuk daftar pustaka sedikit berbeda, karena yang ditulis terlebih dahulu adalah nama belakang penulis, kemudian tanda koma (,) setelah itu nama depan dan tengah penulis buku tersebut.

Ada beberapa buku yang penulisnya lebih dari satu. Jika begitu, yang ditulis dengan urutan terbalik hanya penulis pertama saja, untuk penulis seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya.

Tahun Terbit

Urutan daftar pustaka selanjutnya setelah nama adalah tahun terbit. Namun, urutan ini dipisah dengan tanda titik (.)

Perhatikan buku yang Anda gunakan tersebut keluaran tahun berapa dan jangan sampai terkecoh dengan tahun cetakan awal buku, sebab bisa saja buku yang Anda gunakan adalah cetakan kedua, ketiga atau seterusnya.

Judul Buku

Untuk penulisan judul buku dalam daftar pustaka dibuat secara miring menggunakan italic (miring) dan tuliskan judul buku secara lengkap.

Kota dan Nama Penerbit

Kota dan nama penerbit berada di bagian akhir dalam penulisan daftar pustaka. Urutannya adalah, dahulukan nama kota penerbit, kemudian titik dua (:) dan dilanjut dengan nama penerbit dari buku tersebut.

Itulah urutan yang benar bagaimana cara membuat daftar pustaka. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tanda titik (.) untuk membatasi urutan dari nama, tahun terbit, judul buku hingga kota dan nama penerbit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *